logo


Kasus Covid-19 Muncul Lagi di Selandia Baru, Jacinda Ardern Lockdown Auckland

Munculnya kembali kasus Covid-19 memaksa PM Selandia Baru kembali memberlakukan lockdown di Auckland

11 Agustus 2020 22:22 WIB

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kompasiana

WELLINGTON, JITUNEWS.COM - Munculnya kembali 19 kasus Covid-19 di Selandia Baru pada Selasa (11/8) usai 102 hari tanpa adanya satu pun kasus yang dilaporkan terjadi, membuat Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan bahwa kota Auckland akan kembali menyandang status pembatasan level 3 yang mulai diberlakukan pada Rabu (12/8) hingga setidaknya tiga hari setelahnya.

"Usai 102 hari, kita memiliki kasus Covid-19 pertama yang terjadi di luar fasilitas karantina...sementara kita semua telah berusaha dengan kuat untuk mencegah skenario ini, kita juga telah membuat rencana dan persiapan untuk hal ini," kata Jacinda Ardern dikutip dari Channel News Asia pada Selasa (11/8).

Ia juga mengatakan bahwa seluruh wilayah Selandia Baru lainnya juga akan menyandang status pembatasan level dua mulai Rabu ini.


Meski Jimmy Lai Ditangkap, Apple Daily Akan Terus Perjuangkan Kebebasan Pers di Hong Kong

Dalam sebuah konferensi pers, Ardern mengatakan bahwa sumber dari kasus Covid-19 baru tersebut sejauh ini masih belum dipastikan, dan tidak berkaitan dengan fasilitas isolasi dan karantina yang ada di Auckland.

"Oleh karena itu kita perlu mengambil pendekatan yang lebih hati-hati sampai kita dapat menemukan sumber kasus ini dan memastikan kita berhasil mengurangi resiko wabah yang lebih luas," ujarnya.

Dengan diberlakukannya status tersebut di Auckland, semua tempat umum, termasuk sekolah, restoran, dan kantor kembali ditutup. Warga masyarakat juga diminta untuk tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan mendesak. Pemerintah juga menutup akses perjalanan ke Auckland bagi semua pendatang kecuali warga setempat yang hendak kembali ke kota tersebut.

Selandia Baru saat ini tengah bersiap untuk menggelar pemilu pada 19 September mendatang dimana Jacinda Ardern diyakini akan kembali memenangkan pemilihan umum tersebut karena dinilai berhasil dalam menangani wabah Covid-19.

Putin Sebut Rusia Akan Jadi Negara Pertama yang Registrasi Vaksin Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia