logo


Ketua MPR Dukung Wacana Penggabungan BUMN Penerbangan-Pariwisata

Menurutnya langkah tersebut lebih memudahkan terjadinya koordinasi dan sinergi terkait kebijakan-kebijakan yang perlu untuk dikeluarkan di kondisi pandemi atau kondisi new normal seperti saat ini.

11 Agustus 2020 18:31 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan melakukan penggabungan BUMN penerbangan dan pariwisata.

Menurutnya langkah tersebut lebih memudahkan terjadinya koordinasi dan sinergi terkait kebijakan-kebijakan yang perlu untuk dikeluarkan di kondisi pandemi atau kondisi new normal seperti saat ini.

“Mendukung rencana Presiden tersebut karena sesuai dengan rencana presiden tentang efisiensi dikarenakan hal tersebut dapat membuat rampingnya birokrasi kepemerintahan,” ujar Bamsoet di di Jakarta, Selasa (11/8/2020).


Pasang Badan Bela Jokowi, Adian Napitulu Ditantang Keluar dari Barisan Pendukung

Kendati demikian, Bamsoet menilai harus ada kajian yang mendalam untuk memastikan bahwa langkah strategis tersebut dapat menghadirkan energi tambahan dalam percepatan pemulihan pariwisata Indonesia melalui merger BUMN Pariwisata.

Hal itu dikarenakan saat ini sektor pariwisata Indonesia mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

“Saya mendorong pemerintah agar dalam program kerja presiden untuk menggabungkan BUMN Penerbangan dengan Pariwisata harus dipastikan dengan hasil survei dan kajian yang mendalam,” ujar Bamsoet

Politisi Partai Golkar ini mendorong pemerintah agar dapat mempersiapkan hal tersebut secara matang, serta mengkoordinasikan pihak-pihak terkait agar penggabungan (merger) tersebut dapat efisien dan mencapai target yang telah ditetapkan.

“Saya juga mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kemenparekraf untuk dapat bekerja lebih optimal dan terukur dalam merealisasikan rencana-rencana pemulihan pariwisata Indonesia, agar dapat membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi, dan tetap memberikan solusi bagi pegawai yang terpaksa harus dirumahkan,” pungkasnya.

Upah Pekerja Dikurangi Karena Perusahaan Terdampak Pandemi, Pemerintah Bakal Beri Subsidi Gaji

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar