logo


Duterte Optimis Vaksin Buatan Rusia Efektif Cegah Infeksi Covid-19

Presiden Filipina Rodrigo Duterte sangat optimis bahwa vaksin buatan Rusia efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ia bahkan bersedia untuk ikut dalam proses uji coba

11 Agustus 2020 17:45 WIB

Presiden Filipina Rodrigo Duterte.
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Reuters

MANILA, JITUNEWS.COM - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengaku sangat yakin bahwa vaksin yang dikembangkan oleh Rusia akan sangat efektif dalam mencegah infeksi Covid-19, dan bersedia untuk ikut serta dalam proses uji coba vaksin tersebut. Duterte juga akan menyambut baik penawaran dari Moskow.

Pihak Rusia berharap kandidat vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan segera mendapat persetujuan dari pemerintah Filipina untuk segera diproduksi secara massal di negara tersebut.

"Saya akan mengatakan kepada Presiden Putin bahwa saya sangat yakin dengan penelitian anda (Rusia) dalam menghadapi wabah Covid-19 dan saya percaya bahwa vaksin yang anda produksi sangat baik untuk kemanusiaan," kata Duterte dalam sebuah siaran televisi pada Senin (10/8), dikutip dari Reuters pada Selasa (11/8).


Trump Bikin Pernyataan Keliru Lagi, Bilang Wabah Flu Spanyol Akhiri Perang Dunia Kedua

Untuk menjawab kekhawatiran masyarakat mengenai tingkat efektifitas vaksin buatan Rusia tersebut, Duterte bahkan bersedia untuk ikut serta dalam proses uji coba.

"Saya bisa menjadi orang pertama yang bisa mereka uji," ujarnya.

Pada Selasa (11/8), pemerintah Filipina mengatakan bahwa mereka siap untuk bekerja sama dengan Rusia pada uji coba, rantai pasokan dan produksi vaksin Covid-19.

Filipina merupakan salah satu negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di Asia dengan 136,638 kasus.

Hampir 100 Ribu Anak di AS Terinfeksi Covid-19 pada Bulan Juni

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia