logo


Kecam Serangan Intoleran di Solo, Menag: Tolong Intensifkan Dialog!

Menag meminta mengintensifkan dialog agar bisa membangun kerukunan umat beragama

11 Agustus 2020 10:52 WIB

Menteri Agama Fachrul Razi di dampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid ditemui saat membuka Rakernas Kementerian Agama 2020
Menteri Agama Fachrul Razi di dampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid ditemui saat membuka Rakernas Kementerian Agama 2020 Jitunews/Nurman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Agama Fachrul Razi mengecam keras aksi penyerangan sejumlah massa di acara midodareni yang diselenggarakan keluarga almarhum Umar Assegaf di Solo pada Sabtu (8/8/2020).

"Saya mengecam intoleransi yang terjadi di Solo," kata Fachrul Razi dalam keterangan resminya, Selasa (11/8/2020).

Fahrul Razi meminta seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama, tokoh agama, aparat, dan seluruh lapisan masyarakat agar intensif berdialog sehingga tidak ada lagi kejadian intoleran yang mengatasnamakan agama. Ia ingin kerukunan umat beragama tercipta di tengah masyarakat.


Jazilul Fawaid: Kelompok Intoleran Pelaku Penyerangan di Solo Harus Segera Diproses

"Saya minta jajaran Kanwil Kemenag Jawa Tengah untuk lebih mengintensifkan dialog dengan melibatkan tokoh agama dan aparat sehingga tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama tidak terjadi (lagi)," ujarnya.

Ia juga meminta Pusat Kerukunan Umat Beragama memfasilitasi dilaog tersebut. Sementara dari pihak aparat diminta menyelesaikan permasalahan dari sisi hukum.

"Pusat Kerukunanan Umat Beragama dan FKUB di Kabupaten/Kota agar dapat mengambil inisiatif untuk memfasilitasi proses dialog antar pihak dalam menyikapi setiap dinamika kehidupan dan kerukunan, sehingga tidak terjadi anarkisme. Aparatur dapat menyelesaikan persoalan ini sesuai koridur hukum," jelasnya.

Kecam Aksi Penyerangan Habib di Solo, Banser dan GP Ansor Turun Tangan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati