logo


Lakukan Aksi Balasan, China Jatuhkan Sanksi Personal kepada 11 Tokoh Politik AS

Pemerintah China mengumumkan bahwa mereka menjatuhkan sanksi kepada 11 orang warga negara AS terkait isu Hong Kong

10 Agustus 2020 21:40 WIB

Juru Bicara Pemerintah China, Zhao Lijian
Juru Bicara Pemerintah China, Zhao Lijian SCMP

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China menyatakan bahwa pihaknya menjatuhkan sanksi personal kepada 11 orang warga negara AS, termasuk sejumlah anggota senat dan sejumlah tokoh politik papan atas Amerika Serikat.

Sanksi tersebut dijatuhkan sebagai aksi balasan atas AS yang sebelumnya telah terlebih dahulu menjatuhkan sanksi personal terhadap 11 tokoh politik China termasuk pemimpin Hong Kong karena dinilai mengekang kebebasan politik di wilayah bekas koloni Inggris tersebut.

Beberapa tokoh AS yang mendapatkan sanksi dari pemerintah China diantaranya adalah Senator dari Partai Republikan Ted Cruz dan Marco Rubio, dan Kenneth Roth, seorang direktur yayasan pengawas HAM.


Pemerintah Afghanistan-Taliban Segera Gelar Negosiasi Damai di Qatar

Dalam hal ini, sanksi tersebut tidak dijatuhkan kepada satu pun pejabat menteri di pemerintahan Donald Trump.

"Sebagai respon dari tindakan AS yang keliru, China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada individu-individu yang (selama ini) bersikap sangat keras terhadap isu-isu mengenai Hong Kong," kata Zhao Lijian, salah seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China, dikutip dari BBC pada Senin (10/8).

Namun, Zhao Lijian tidak menyebutkan secara detail sanksi seperti apa yang dijatuhkan tersebut.

Pada bulan Juli lalu, pemerintah China telah mengumumkan sejumlah sanksi yang mereka jatuhkan kepada Rubio, Cruz dan sejumlah tokoh AS lain usai mereka melontarkan kritikan keras kepada Beijing seputar isu kelompok muslim minoritas Uyghur di Provinsi Xinjiang.

Sejumlah Menteri Mundur, Pemerintahan Lebanon Diujung Tanduk

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia