logo


PA 212 Jagokan Rizieq Shihab dan UAS, PKS: Mereka Punya Peluang Maju di Pilpres 2024

PKS tidak mempersoalkan tokoh, namun meminta penghapusan ambang batas pencalonan

10 Agustus 2020 13:15 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umun Persaudaraan Alumi (PA) 212, Slamet Maarif mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto telah selesai pada pencalonan Pilpres 2024. Ia pun mengusulkan beberapa tokoh yang bisa mencalonkan diri di Pilpres 2024 mendatang. Bahkan dari beberapa nama yang diusulkan oleh Slamet Maarif, ada nama Habib Rizieq Shihab dan Ustaz Abdul Somad.

"Banyak tokoh muda ada SSU (Sandiaga Salahudin Uno), Wagub DKI (A Riza Patria), Gubernur DKI (Anies Baswedan), Gym, UAS (Ustaz Abdul Somad), HRS (Habib Rizieq Shihab), dan lain-lain," ujar Slamet kepada watawan, Minggu (9/8/2020).

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut Rizieq Shihab dan UAS memiliki peluang yang sama untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.


PA 212 Minta Rizieq Shihab Maju di Pilpres 2024, Gerindra: Kita Nggak Pikirin Omongan Orang

"Para tokoh, baik yang di parpol ataupun ormas punya peluang maju di Pilpres 2024. Habib Rizieq dan Ustaz Abdul Somad seperti juga para ketua parpol, para menteri dan utamanya para kepala daerah yang sukses punya peluang maju Pilpres 2024," kata Mardani Ali Sera kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, yang menjadi persoalan bukan siapa tokoh yang maju, namun lebih ke ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) untuk Pilpres 2024. Ia meminta PT dihapuskan agar bisa memunculkan kompetisi yang sehat antar para calon.

"Jika kita berhasil menurunkan threshold jadi 5-10% atau menghapusnya, maka kita punya peluang menghadirkan kompetisi yang sehat  antar para calon. Dan dipastikan lebih dari dua pasang calon yang ini sehat bagi demokrasi. Siapapun yang diajukan pada kompetisi yang sehat akan meningkatkan peluang publik mendapatkan presiden yang merit system dan berkualitas," jelasnya,

Diminta Bentuk Parpol, PA 212: Nggak Lah, Cari Sensasi Aja

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati