logo


Percaya Covid-19 Berasal dari Tuhan, Tito Karnavian: Virusnya Melemah Sendiri

Tito Karnavian membandingkan Covid-19 dengan flu Spanyol yang bisa melemah dengan sendirinya

10 Agustus 2020 10:06 WIB

jpnn.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Menteri Dalam Negeri Tio Karnavian mengatakan ada kemungkinan virus corona akan melemah dengan sendirinya. Hal tersebut sebagai skenario terakhir penanda berakhirnya pandemi corona.

"Lalu skenario yang terakhir adalah virusnya melemah sendiri. Kita percaya virus ini dari Tuhan, dan Tuhan yang bisa menyelesaikannya," kata Tito dalam webinar bertema 'Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, yang dikutip di kanal YouTube Taruna Merah Putih (TMP), Senin (10/8/2020).

Tito menyebut pemalahan suatu virus pernah terjadi saat dunia dilanda pandemi Spanish Flu atau flu Spanyol. Ia mengatakan bahwa  flu Spanyol dianggap mematikan pada tahun 1918-1920 yang lalu, namun kemudian berakhir dengah melemah sendiri disertai dengan proses herd immunity atau kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.


Erick Thohir Enggan Jadi Relawan Vaksin Corona, PDIP: Bukan Takut, Ini Strategi

"Sampai hari ini, kita alami sendiri seperti flu dan seperti penyakit baiasa, antara tahun 1920 itu penyakit mematikan," ujarnya.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa melemahnya virus corona adalah skenario terakhir. Sementara skenario yang saat ini tengah dilakukan yaitu penemuan vaksin corona.

Lebih lanjut, Tito mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada dua vaksin yang tengah dilakukan uji coba yakni vaksin yang berasal dari China dan Inggris. Ia berharap vaksin tersebut cocok dengan virus yang ada di Indonesia.

 

Tolak Uji Vaksin Covid-19, Rocky Gerung Cap Erick Thohir 'Pengecut'

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati