logo


Cuaca Buruk, 17 Orang Tewas dalam Insiden Kecelakaan Pesawat Air India Express

Pesawat Air India Express rute Dubai-Kalkuta terglincir, 17 orang tewas termasuk pilot

8 Agustus 2020 09:29 WIB

Pesawat Air India Express yang jatuh pada Jumat (7/8)
Pesawat Air India Express yang jatuh pada Jumat (7/8) Gulf News

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Sedikitnya 17 orang tewas lebih dari 100 lainnya terluka usai sebuah pesawat milik Air India Express tergelincir di bandara kota Kozhikode pada Jumat (7/8).

Otoritas penerbangan setempat mengatakan bahwa pesawat jenis Bpeing 737 yang terbang dari Dubai menuju Bandara Internasional Kalkuta tersebut membawa 190 penumpang dan kru kabin, termasuk 10 orang anak dibawah umur.

"Karena cuaca buruk, dia (pilot) awalnya tidak bisa mendaratkan pesawat, sehingga ia berputar dan mencoba untuk mendaratkan pesawat dari arah yang berbeda," kata Hardeep Singh Puri, Kepala Otoritas Penerbangan India kepada media lokal dikutip dari Reuters pada Sabtu (8/8).


China Kecam Negosiasi Perdagangan Senjata AS-Taiwan

Bloomberg mengabarkan bahwa menurut pantauan situs FlightRadar24, pesawat tersebut terlihat beberapa kali berputar di atas bandara. The News Minute mengatakan jika penerbangan dengan tujuan Kalkuta biasanya akan dialihkan ke sejumlah bandara terdekat jika terjadi cuaca buruk.

Puri mengatakan bahwa otoritas telah berhasil menyelamatkan sebagian besar penumpang karena pesawat tersebut tidak meledak ataupun terbakar meskipun tergelincir hingga ujung landasan pacu.

"Berita baiknya adalah pesawat tersebut terbelah sehingga memudahkan kami dalam mengakses para penumpang," tambahnya.

Insiden tersebut merupakan kecelakaan pesawat terbang terburuk di India sejak tahu 2010 lalu, dimana sebuah pesawat Air India Express lainnya yang juga terbang dari Dubai, tergelincir di bandara Mangalore, yang menewaskan 158 penumpang.

Tak Ingin Bernasib seperti Lebanon, India Amankan Kargo Berisi 740 Ton Ammonium Nitrat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia