logo


Milad MUI ke-45, Ma'ruf Amin: Harus Jadi Pusat Perubahan

Dia menyebut MUI sudah terpercaya dan dijadikan landasan di dalam maupun luar negeri.

8 Agustus 2020 09:00 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma\'ruf Amin.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus menjadi pusat perubahan.

Hal itu disampaikan saat Ma’ruf menghadiri milad MUI ke-45 yang digelar secara virtual, Jumat, 7 Agustus 2020.

"Ke depan MUI harus jadi pusat perbaikan, pusat perubahan. Dan di mana-mana kita harus membangun zona-zona islahat, zona perbaikan, membangun pulau-pulau perbaikan," ujar Ma'ruf dalam sambutan.


Soal Pembakaran Poster Rizieq Shihab, Maruf Amin dan Prabowo Diminta Bersuara

Ma’ruf menjelaskan MUI sebagai lembaga yang banyak didengar, telah banyak melakukan kajian. Menurutnya, MUI tak hanya menyasar soal agama saja, melainkan masalah kemasyarakatan. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 yang menjegal berbagai lini.

"Oleh karena itu jangan sampai MUI hanya bisa melakukan ijtima, ijtima ulama saja. Hanya berkumpul-berkumpul, mengeluarkan statement. Tapi juga melakukan islahat wa islahat, membangun zona-zona, pulau-pulau, di berbagai tempat," kata Ma’ruf.

Dia menyebut MUI sudah terpercaya dan dijadikan landasan di dalam maupun luar negeri. Salah satunya terkait penggunaan standar halal MUI.

"Banyak lembaga sertifikasi halal dunia menggunakan standar MUI karena mereka ingin memperoleh pengakuan dari MUI, artinya standar halal MUI mengglobal," jelasnya.

Kepercayaan ini, menurut Amin, diperoleh atas sikap yang ditunjukkan oleh para ulama. "Karena itu hal ini harus kita jaga jangan sampai MUI kehilangan kepercayaan, jangan sampai MUI mengalami defisit kepercayaan.”

Soal UU Jaminan Produk Halal, Wapres: Saya Minta DPD Mediasi MUI dan BPJPH

Halaman: 
Penulis : Iskandar