logo


ByteDance Akan Bangun Pusat Data TikTok Eropa di Irlandia

ByteDance menyebut itu merupakan rencana jangka panjang mereka

7 Agustus 2020 13:30 WIB

TikTok
TikTok istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - ByteDance dikabarkan akan segera membangun pusat data guna menyimpan semua video, pesan, data pengguna TikTok untuk wilayah Eropa di Irlandia. Proyek tersebut akan menghabiskan dana hingga USD 500 juta.

Pengumuman tersebut muncul menyusul AS mendesak ByteDance untuk segera menjual TikTok kepada perusahaan AS, Microsoft, dan mengancam akan memblokir layanan mereka di Amerika Serikat atas alasan keamanan nasional.

Menurut Direktur TikTok untuk kawasan Eropa, membangun sebuah server di wilayah tersebut merupakan bagian dari rencana jangka panjang mereka. Hal itu juga akan menciptakan lapangan kerja yang luas.


Trump Sebut Vaksin Covid-19 Tersedia Sebelum Pemilu AS Digelar

"Ini merupakan investasi yang sangat besar. Ini juga menandai komitmen jangka panjang kami kepada Eropa dan saya pikir ini merupakan pesan penting untuk para pengguna," kata Theo Bertram, dilansir dari Gizchina pada Jumat (7/8).

Sementara itu Komisi Perlindungan Data Irlandia tengah melakukan negosiasi dengan perusahaan mengenai adanya kekhawatiran soal keamanan data pribadi pengguna.

Pada 3 Agustus lalu, ByteDance merilis sebuah pengumuman yang menyebut TikTok sangat berkomitmen untuk menjadi perusahaan global. Namun, mengingat situasi yang terjadi belakangan ini, ByteDance mempertimbangkan untuk memindahkan sejumlah kantor pusat mereka dari AS.

 

Diam-diam, AS Lakukan Negosiasi Penjualan Drone Tempur dengan Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia