logo


Operasional Food Estate Dimulai Oktober 2020, Husnain: Ada Tiga Fokus Utama yang Harus Dipersiapkan

Ada tiga fokus utama yang harus dipersiapkan agar lumbung pangan (Food Estate) berbasis korporasi petani di Kalimantan Tengah dapat digunakan pada Oktober 2020 mendatang.

6 Agustus 2020 21:13 WIB

Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), DR. Husnain
Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), DR. Husnain Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ada tiga fokus utama yang harus dipersiapkan agar lumbung pangan (Food Estate) berbasis korporasi petani di Kalimantan Tengah dapat digunakan pada Oktober 2020 mendatang.

Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Kementerian Pertanian, Husnain mengatakan tiga fokus utama yang pertama: Penataan Kawasan dan Pengembangan Prasarana dan Sarana (tata air, alsintan pra dan pasca panen), kedua: Peningkatan Kapasitas dan Diversifikasi Produksi (Pengembangan teknologi produksi, Pengadaan sapras) dan ketiga: Pengembangan SDM dan Korporasi Petani (Peningkatan kapasitas SDM, kelembagaan dan usaha, pengembangan korporasi petani).

Menurutnya persiapan-persiapan tersebut pada bulan Agustus ini harus dimulai, sehingga Food Estate berbasis korporasi petani itu bisa dimulai pada bulan Oktober


63 Juta Orang Indonesia Buang Air Besar Sembarangan?

“Kita sudah intensif ke lapangan dan pengadaan sarana petani sudah diintegrasikan," ujarnya dalam sebuah FGD bertemakan ‘Pembangunan Food Estate untuk Mewujudkan Ketahanan Nasional di Bidang Pangan’ yang digelar secara virtual, Kamis (6/7/2020).

Dalam hal ini, Husnain mengatakan Kemenko, PUPR, Kementan, KLHK, ATR/BPN dan Kemendes adalah kementrian yang sudah ikut dari awal menetapkan lokasi perluasan 3000 hektar di tahun 2020 di Kalimantan Tengah. Dan hasilnya telah ditetapkan areal terpilih (Area of Interest) seluas 770.600 ha, berlokasi di Eks PLG.

“Kita tidak kerja sendiri, ada enam kementerian lembaga yang terlibat dan semua dikoordinasikan oleh Kemenko Perekonomian," ujarnya.

Harga Daging Ayam dan Telur Tertinggi di Samarinda

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar