logo


Indonesia Dituding Menuju Herd Immunity, Pemerintah Bantah: Mitigasi Selalu Hati-hati

Beberapa pihak mengaitkan upaya herd immunity karena adanya sejumlah pelonggaran

7 Agustus 2020 04:30 WIB

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membantah tudingan sejumlah pihak yang menyebut Indonesia menuju kondisi herd immunity atau kekebalan untuk mengendalikan penularan Covid-19. Ia menegaskan sejumlah pelonggaran yang diterapkan pemerintah bukan upaya menuju herd immunity.

"Apakah herd immunity jadi kebijakan, jawabannya tidak. Saya memperhatikan bahwa orang-orang mengaitkan tidak melakukan lockdown sebagai tindakan menuju herd immunity. Ini salah," kata Wiku dalam konferensi pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/8/2020).

Ia menjelaskan bahwa sejumlah pelonggaran telah dilakukan dengan sangat hati-hati. Pengawasan terhadap beberapa pelonggaran dilakukan dengan ketat sehingga risiko penularan virus corona rendah.


PKS Kritik Kampanye Masker Door to Door, KSP: Bukan Berarti Mendatangi Orang Salaman

"Mitigasi Covid-19 selalu dilakukan dengan hati-hati dan monitor, termasuk dalam pelonggaran pembatasan," ujarnya.

Diketahui, herd immunity adalah kondisi saat sebagain besar orang telah kebal dengan penyakit tertentu. Oleh karena itu risiko penularannya menjadi rendah. Herd immunity bisa tercapai saat orang yang terinfeksi penyakit tertentu telah sembuh sehingga mendapatkan kekebalan.

Dampak Covid-19 Mengkhawatirkan, AHY Instruksikan Kadernya di Parlemen, "Jangan Sampai Gagal Fokus!"

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati