logo


Ketua Satgas Sebut Berbahaya Jika Publik Figur Bicara Tentang Klaim Obat Covid-19

Doni mengatakan bahwa sejak dulu banyak obat tradisional yang bisa meningkatkan imunitas

6 Agustus 2020 18:00 WIB

Doni Monardo
Doni Monardo Ist

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan bahwa virus corona seperti malaikat pencabut nyawa.

"Covid-19 ibarat malaikat pencabut nyawa bagi kelompok rentan," kata Doni dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8).

Kelompok rentan yang dimaksud dari segi usia dan menderita penyakit penyerta.


Wabah Covid-19 Kembali Muncul, Vietnam Tak Akan Kembali Lockdown

Doni juga menanggapi soal klaim obat herbal yang disebut bisa menyembuhkan virus corona. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu meminta semua pihak tidak langsung mengklaim sepihak obat bisa menyembuhkan Covid-19.

"Karena akan berbahaya ketika ada pihak tertentu apalagi public figure yang memberikan penjelasan ini obat. Sampai saat ini belum ada obat Covid-19," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa sejak dulu banyak obat tradisional yang bisa meningkatkan imunitas. Namun, mengklaim secara sepihak obat herbal sebagai obat Covid-19 tidak dibenarkan.

"Dari dulu sudah ada itu cara mengobati masyarakat dengan ramuan tradisional dan tidak ada yang menyalahkan, tetapi mengklaim itu sebagai obat (Covid-19) tidak dibenarkan," katanya.

"Sekali lagi jangan terpancing, jangan ada yang terpengaruh. Kalaupun obat sudah benar ada, maka pengumuman resmi bukan orang per orang tetapi dari Menteri Kesehatan, selain itu belum ada," lanjut Doni.

Data Terbaru Covid-19 di Indonesia, Kasus Positif Bertambah 1.882

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata