logo


Wabah Covid-19 Kembali Muncul, Vietnam Tak Akan Kembali Lockdown

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Vietnam menyatakan bahwa penyebaran virus Covid-19 di negaranya masih terkendali

6 Agustus 2020 14:59 WIB

Vietnam
Vietnam the Jakarta Post

HANOI, JITUNEWS.COM - Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan bahwa wabah Covid-19 yang kembali muncul di negaranya telah menyebar ke dua provinsi lainnya pada Rabu (5/8). Meskipun demikian, gugus tugas penanganan Covid-19 Vietnam menyatakan bahwa tingkat infeksi Covid-19 di Danang, kota dimana wabah tersebut muncul, sejauh ini masih terkendali.

Pelacakan kontak, pemeriksaan dan kebijakan karantina yang dilakukan secara ketat membuah Vietnam mampu menghentikan penyebaran Covid-19 pada gelombang pertama, namun mereka kini harus kembali berjuang melawan infeksi tersebut di sepuluh kota dan provinsi, usai tiga bulan tidak melaporkan satu pun kasus Covid-19.

Kementerian Kesehatan pada Rabu (5/8) melaporkan adanya 41 kasus tambahan, sehingga secara keseluruhan jumlah kasus Covid-19 di negara tersebut menjadi 713 kasus.


Facebook dan Twitter Kembali Turunkan Postingan Trump yang Klaim Anak-anak Kebal dari Covid-19

Gelombang wabah baru pertama kali dilaporkan pada 25 Juli di kota Danang dan telah menyebar ke sejumlah kota lainnya seperti Hanoi dan Ho Chi Minh City.

Sejak saat itu, Danang telah melaporkan 264 kasus Covid-19 dengan delapan kematian.

"Gelombang kedua pandemi kemungkinan juga terjadi di tempat lain di dunia, namun kami bertekad untuk tidak membiarkan hal itu terjadi di Vietnam," kata ketua gugus tugas Covid-19 Vietnam Vu Duc Dam dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNA pada Kamis (6/8).

"Kami tidak berkeinginan untuk mengulang kembali cerita adanya penyebaran (Covid-19) secara luas, ataupun lockdown nasional. Jika semua dikerjakan dengan baik, kita sangat yakin dapat melawan penyakit itu," tegasnya.

Jelang Festival Obon, Gubernur Tokyo Minta Warga Tetap di Rumah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia