logo


Jelang Festival Obon, Gubernur Tokyo Minta Warga Tetap di Rumah

Yuriko Koike meminta warga Tokyo untuk tetap berada di rumah dan tidak melakukan perjalanan ke luar daerah menjelang adanya festival Obon

6 Agustus 2020 14:43 WIB

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike
Gubernur Tokyo, Yuriko Koike asia times

TOKYO, JITUNEWS.COM - Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, meminta warganya untuk tetap berada di dalam rumah menjelang hari libur nasional ditengah adanya peningkatan kasus Covid-19 belakangan ini.

Adanya festival Obon, sebuah waktu dimana arwah dari mereka yang meninggal dunia diyakini kembali ke dunia, biasanya sebagian besar penduduk Tokyo melakukan mudik atau pulang kampung untuk mengunjungi makam dan menghabiskan waktu bersama anggota keluarganya yang berada di luar kota.

Namun, festival Obon tahun ini datang bertepatan dengan melambungnya jumlah kasus Covid-19 di Jepang yang memaksa pemerintah daerah di sana mengumumkan status keadaan darurat.


Cara Mudah Nonton Film Mulan di Disney Plus

Pemerintah pusat mengambil langkah yang serupa pada bulan April lalu, namun kini tidak lagi memberlakukan status darurat akibat memburuknya situasi perekonomian Jepang.

"Kita saat ini tidak berada di sebuah situasi yang memerlukan adanya status darurat baru," kata Perdana Menteri Shinzo Abe dalam sebuah konferensi pers pada Kamis (6/8).

Jepang sejauh ini telah melaporkan rata-rata 1300 kasus Covid-19 harian selama beberapa pekan belakangan ini, sehingga kasus Covid-19 secara keseluruhan di negara tersebut mencapai sekitar 43.500 kasus dengan angka kematian yang hanya 1000 kasus.

Sementara itu, sejumlah pakar kesehatan Jepang pada Rabu (5/8) juga meminta warga untuk tidak melakukan perjalanan domestik. Prefektur Okinawa dan Aichi juga kembali memberlakukan status darurat Covid-19.

Facebook dan Twitter Kembali Turunkan Postingan Trump yang Klaim Anak-anak Kebal dari Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia