logo


Tak Yakin Hadi Pranoto Kirim Obat ke Ratu Elizabeth, Ahli: Di Sana Standarnya Lebih Tinggi

Ahli sebut izin ekspor ke luar negeri harus melalui proses yang ketat

6 Agustus 2020 06:45 WIB

Hadi Pranoto
Hadi Pranoto Youtube

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hadi Pranoto mengklaim bahwa obat herbalnya yang mampu menyembuhkan virus corona sudah dipesan oleh Ratu Elizabeth II. Bahkan ia mengklaim keluarga kerajaan sembuh dari Covid-19 berkat konsumsi obat herbalnya.

Sementara itu, peneliti obat tradisional Covid-19 sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania, Msi meragukan klaim Hadi Pranoto. Pasalnya untuk mengekspor herbal ke luar negeri harus melalui proses yang ketat.

"Itu dia (Hadi) ngirim obat ke Ratu Elizabeth harus diverifikasi ya kebenarannya apa benar. Saya sih agak meragukan, entahlah kalau misalnya lewat jalur tidak resmi ke temannya yang kenal dengan Ratu Elizabeth, saya enggak tahu," kata dr Inggris saat diskusi online, Rabu (5/8/2020).


Sebut Pemerintah Telat Tangani Covid-19, PDIP: Jangan Jubir Ngomong, Menteri Ngomong Agak Beda

dr Inggrid menjelaskan bahwa obat herbal yang akan dikirim ke luar negeri harus memenuhi beberapa kriteria. Obat herbal harus terstandarisasi, salah satunya telah mendapat sertifikat good manufacturing practice (GMP).

"Memang awalnya obat Hadi Pranoto dapat izin edar BPOM, kalau untuk diekspor ke negara lain, misalnya Inggris, harus memenuhi standar dari negara Inggris dan di sana juga standarnya lebih tinggi," jelesnya.

Anji Minta Maaf Usai Buat Kegaduhan, dr Tirta Beri Peringatan Ini

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati