logo


Donald Trump Sebut Wabah Covid-19 di AS Terkendali

Presiden AS, Donald Trump bersikeras menyatakan bahwa pihaknya telah berhasil mengendalikan situasi wabah Covid-19 di negaranya

5 Agustus 2020 16:30 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. REUTERS

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa wabah Covid-19 di AS sejauh ini tetap terkendali, meskipun 155 ribu warganya telah tewas akibat infeksi tersebut, dan banyak pakar kesehatan AS menilai bahwa pemerintah gagal mengatasi peningkatan kasus Covid-19.

Dalam sebuah wawancara dengan Axios News pada Senin (3/8), Presiden dari Partai Republikan tersebut terus mendesak pembukaan kembali sekolah-sekolah di seluruh Amerika Serikat, dan menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan yang terbaik dalam menangani wabah Covid-19.

"Mereka (masyarakat) sekarat, itu memang benar. Namun itu bukan berarti kami tidak melakukan semua yang kita bisa. Wabah Covid-19 ini terkendali, sebesar anda mampu mengendalikannya. Ini memang wabah yang sangat buruk," kata Trump dikutip dari Channel News Asia pada Rabu (5/8).


CDC Peringatkan Ada Wabah Penyakit Mirip Polio pada Akhir Tahun 2020 Ini di AS

Kasus Covid-19 di AS terus meningkat dan banyak negara bagian yang terpaksa menunda pembukaan perekonomian mereka. Kepala Gugus Tugas penanganan Covid-19 AS, Deborah Brix, sebelumnya telah memperingatkan bahwa virus Covid-19 telah menyebar luas ke sejumlah kawasan terpencil AS.

Dengan rata-rata angka kematian harian mencapai 1000 kasus per hari, Donald Trump menyebut angka tersebut masih lebih baik daripada negara-negara Eropa, jika dilihat dari proporsi jumlah populasinya.

Dalam wawancara tersebut, Donald Trump menyebut bahwa tingginya angka kasus di AS salah satunya disebabkan oleh tingginya jumlah pemeriksaan atau rapid test.

PM Australia Sebut Tak Ada Alasan Baginya untuk Melarang Penggunaan TikTok

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia