logo


CDC Peringatkan Ada Wabah Penyakit Mirip Polio pada Akhir Tahun 2020 Ini di AS

CDC memperingatkan akan munculnya kembali wabah AFM pada beberapa bulan mendatang

5 Agustus 2020 14:15 WIB

Kursi roda
Kursi roda istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Amerika Serikat (CDC), pada Selasa (4/8), merilis sebuah peringatan akan adanya wabah penyakit seperti polio yang akan terjadi dalam empat bulan mendatang.

"Para orang tua dan dokter harus mencurigai adaya AFM (penyakit seperti polio) pada pasien yang mengalami kelumpuhan anggota badan mendadak, terutama selama bulan Agustus hingga November. Penyakit pernafasan atau demam belakangan ini dan adanya rasa sakit pada leher dan tulang belakang atau gejala syaraf lainnya harus diwaspadai," demikian pernyataan CDC dikutip dari Sputnik pada Rabu (5/8).

AFM atau Accute Flaccid Myelitis merupakan penyakit yang menyerang sistem syaraf yang mengakibatkan melemahnya sejumlah anggota badan atau bahkan menyebabkan kelumpuhan.


Ledakan Beirut, Donald Trump: Terlihat Seperti Serangan yang Buruk

CDC memperingatkan kepada semua pasien yang mengalami gejala seperti yang telah disebutkan diatas untuk segera mencari pertolongan medis. Pada tahun 2018 lalu, sedikitnya 238 kasus telah terjadi di sejumlah negara bagian AS. Penyakit syaraf tersebut muncul setiap dua tahun sekali sejak 2014 lalu dimana 95 persen penderita merupakan anak-anak.

"Dokter anak dan layanan gawat darurat harus bersiap untuk mendeteksi gejala AFM secara cepat dan segera melakukan penanganan pasien secara intensif di rumah sakit," lanjutnya.

Meskipun sejauh ini belum ditemukan obat untuk penyakit tersebut, namun CDC mengatakan bahwa dengan adanya diagnosa yang lebih cepat, maka hal itu dapat meningkatkan potensi penyembuhan, termasuk dengan memberikan terapi fisik bagi pasien untuk dapat mengembalikan kemampuan gerak anggota badan yang mengalami kelumpuhan.

Terdampak Covid-19, Walt Disney Catatkan Kerugian Hingga USD 4.7 Miliar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia