logo


Sesalkan Pernyataan Muhadjir Soal Lahirnya Keluarga Miskin, DPR: Itu Terlalu Menyakitkan

Muhadjir sebut keluarga miskin muncul karena pengantin pria dan wanita berasal dari keluarga miskin

5 Agustus 2020 09:00 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy press rilis Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan penyebab munculnya keluarga miskin di Indonesia karena pernikahan dimana pengantin pria dan wanita berasal dari keluarga miskin. Sesama orang miskin besanan sehingga muncul keluarga miskin baru.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyayangkan pernyataan tersebut keluar dari seorang menteri. Menurutnya, pernyataan Muhadjir tersebut sangat menyakiti masyarakat miskin terutama saat kondisi Indonesia tengah terpuruk seperti saat ini.

"Ya jadi, menurut saya, itu sangat disayangkan seorang Menko berbicara seperti itu. Teorinya atau kesimpulannya dari mana? Atau sudah ada semacam penelitian secara serius atau belum?" kata Yandri kepada wartawan, Selasa (4/8/2020).


Sebut Jumlah Keluarga Miskin di Indonesia Tinggi, Muhadjir: Sesama Keluarga Miskin Besanan

Yandri mengaku tidak sependapat dengan pernyataan Menko PMK. Pasalnya banyak masyarkat yang berasal dari keluarga miskin namun sukses karena kegigihan dan kerja kerasnya.

"Karena begini, di Indonesia ini banyak orang tuanya miskin, anaknya berhasil, banyak, ya kan. Ada orang dari kampung, yang selama ini terpinggirkan, termajinalkan, tapi karena dia sungguh-sungguh sebagai anak orang miskin, mungkin bapaknya miskin, ibunya miskin, petani atau apa, banyak yang jadi orang sukses," ujarnya.

"Jadi menurut saya, itu (pernyataan Muhadjir soal penyebab munculnya keluarga miskin) terlalu menyakitkan hati bagi kaum miskin di Indonesia. Dan sejatinya Menko nggak boleh ngomong begitu. Dia harus membesarkan hati orang untuk bangkit dari keterpurukan," jelasnya.

Muhadjir Sebut Kemendikbud Bertugas Benahi Angkatan Kerja Lulusan SD

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati