logo


Mahasiswa Laporkan Nadiem Makarim ke Komnas HAM, Kemendikbud: Bantuan Uang Kuliah Jelas-jelas Melindungi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim diadukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) ke Komnas HAM.

4 Agustus 2020 19:00 WIB

Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim diadukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) ke Komnas HAM. Pengaduan tersebut berkaitan dengan pembayaran kuliah secara penuh di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Nizam mengatakan bahwa kebijakan terkait uang kuliah tunggal (UKT) bersifat pro terhadap kepentingan mahasiswa. Nizam mengatakan bahwa kementerian tidak pernah membungkam mahasiswa yang menyampaikan masukan ke kampusnya.

"Kebijakan UKT dan bantuan uang kuliah jelas-jelas melindungi dan pro kepentingan mahasiswa. Kemdikbud tidak pernah merepresi apalagi membungkam mahasiswa untuk menyampaikan masukan ke kampusnya," kata Nizam seperti diberitakan Detikcom, Selasa (4/8).


Nadiem Sebut Sekolah Negeri untuk Siswa Ekonomi Rendah, KPAI: Saya Terkejut

Pihaknya mendorong Perguruan Tinggi untuk berkomunikasi dengan mahasiswa. Nizam menyayangkan ada pihak yang represif.

"Dikti selalu mendorong Pimpinan Perguruan Tinggi untuk komunikatif dan membuka dialog konstruktif dengan mahasiswa. Kami sangat menyayangkan kalau sampai ada kampus atau rektor yang represif, tapi juga sangat menyayangkan kalau sampai ada demo yang anarkis dan pemaksaan kehendak. Semoga tidak ada yang demikian. Karena keduanya bukan cermin kampus merdeka dan cita-cita pendidikan tinggi," ucap Nizam.

Kemendikbud melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) mendorong kampus untuk membuka diskusi dengan mahasiswa.

"Sejak bulan Maret Dikti sudah minta pada LLDikti untuk mendorong kampus-kampus melakukan dialog dan membuka ruang diskusi mencari solusi bersama mahasiswa. Bukan malah berhadap-hadapan. Serta meminta LL Dikti memediasi kalau terjadi represi," ucap Nizam.

Nadiem Sebut PJJ Bukan Keinginan Pemerintah, DPRD DKI: Dibanding Berdalih, Lebih Baik Mengundurkan Diri

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata