logo


Soal Klaim Obat Covid-19, Hadi Pranoto dan Anji Dilaporkan ke Polisi

Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan oleh Ketua Umum Cyber Indonesia

3 Agustus 2020 22:30 WIB

Hadi Pranoto dan Anji
Hadi Pranoto dan Anji Youtube

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, ke Polda Metro Jaya. Anji dan Hadi dilaporkan terkait konten YouTube tentang penemuan obat herbal yang diklaim bisa menyembuhkan virus corona (Covid-19).

Semuanya (dilaporkan) termasuk Anji channel Youtubenya yang menyebarkan Pasal 28 ayat 1 ITE. Kalau Hadi Pranoto berita bohongnya Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Tahun 1946," kata Muannas seperti diberitakan CNNIndonesia, Senin (3/8).

Laporan dengan nomor LP/4358/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ telah diterima pada tanggal 3 Agustus 2020.


Polemik Temuan Obat Covid-19 Hadi Pranoto, Anji Siap Diskusi dengan Dokter Tirta

Keduanya dilaporkan dengan pasal tindak pidana bidang ITE dan atau menyebarkan berita bohong Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45A Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP.

Muannas menilai ada beberapa pernyataan Hadi yang dianggap berbahaya dalam video yang diunggah pada channel YouTube Duniamanji. Seperti obat herbal yang diklaim sembuhkan Covid-19.

"Kita tahu IDI sendiri membantah tak ada izin klinik untuk itu dan yang bersangkutan tak terdaftar dalam database IDI kemudian diperkuat pernyataan Menkes bahwa penemuan tidak jelas dan sebagainya," ujar Muannas.

Nama Ariel NOAH Melambung di Tengah Polemik Video Temuan Obat Covid-19 Anji, Kenapa?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata