logo


Oktober Nanti, Rusia Bakal Gelar Vaksinasi Covid-19

Rusia dikabarkan tengah menyelesaikan uji coba vaksin Covid-19, dimana vaksin tersebut akan diberikan kepada masyarakat mulai Oktober 2020 ini

3 Agustus 2020 15:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Rusia dikabarkan akan segera menggelar program vaksinasi Covid-19 kepada seluruh penduduknya mulai bulan Oktober tahun 2020 ini.

Dilansir dari Sky News pada Senin (3/8), Mikhail Murashko, Menteri Kesehatan Rusia, mengatakan bahwa fasilitas riset di Gamaleya Institut telah berhasil menyelesaikan uji coba vaksin tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa dokter dan guru sekolah akan mendapatkan prioritas sebelum kemudian vaksin diberikan kepada seluruh masyarakat Rusia pada bulan Oktober mendatang.


Elon Musk Sebut Piramida Dibangun oleh Alien, Mesir: Kami Menunggu Kedatangan Anda

Kantor berita Reuters, mengatakan bahwa vaksin potensial pertama Rusia segera mendapatkan persetujuan dari Kremlin pada bulan depan.

Menanggapi hal tersebut, Dr Anthony Fauci, salah satu pakar kesehatan AS, masih belum yakin dengan tingakt keamanan dan ke-efektif-an vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh China dan Rusia.

"Saya sangat berharap bahwa vaksin Covid-19 dari China dan Rusia telah diuji coba terlebih dahulu sebelum diberikan kepada semua orang," kata Fauci.

"Saya tidak yakin bahwa akan ada vaksin yang lebih cepat daripada (vaksin) kami sehingga kami harus bergantung kepada negara lain untuk mendapatkannya," tambah Fauci.

Di sisi lain, Kirill Dmitriev, selaku pemberi dana program pengembangan vaksin Rusia, mengatakan bahwa program vaksin Rusia akan sama seperti keberhasilan Rusia dalam meluncurkan satelit pertama dunia, Sputnik 1.

"Ini seperti Sputnik, dimana banyak orang tidak berharap Rusia menjadi yang pertama," katanya.

"Sama seperti Sputnik yang berhasil dibangun oleh para peneliti Rusia yang sangat bertalenta...penelitian vaksin kami juga dilakukan oleh peneliti hebat Rusia lainnya," tegasnya.

Trump Tunjuk Deborah Brix Jadi Ketua Satgas Covid-19, Pelosi: Ia adalah yang Terburuk

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia