logo


Chipset Huawei Kirin 1020 Lebih Mahal daripada Apple A14

Huawei Mate 40 akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan chipset ukuran 5nm

3 Agustus 2020 13:25 WIB

Chipset Kirin
Chipset Kirin Notebookcheck

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Raksasa teknologi China, Huawei, belakangan ini tengah menyiapkan ponsel flagship mereka, Huawei Mate 40. Ponsel tersebut nantinya hadir dengan menggunakan chipset Kirin 5nm. Jika semua berjalan sesuai dengan rencana, chipset tersebut akan hadir pada bulan September mendatang. Menurut sejumlah spekulasi yang beredar, chipset tersebut bernama Kirin 1020.

Dilansir dari laman Gizchina pada Senin (3/8), harga chipset terbaru Huawei tersebut lebih mahal daripada chipset Apple A14, namun lebih murah dari Apple ARM CPU. Meskipun demikian, desain, ukuran, dan harga dari chipset Kirin tersebut bukanlah fokus utama Huawei untuk saat ini mengingat chipset tersebut tidak ikut terdampak sanksi AS. Untuk produk yang berada di level yang setara, ukuran chipset HiSilicon biasanya lebih besar daripada chipset buatan Qualcomm maupun MediaTek.

Huawei Mate 40 sendiri dikabarkan akan segera diluncurkan bersamaan dengan chipset tersebut. Sehingga tak mengherankan jika Mate 40 akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan chipset ukuran 5nm mengingat Apple menyakatan akan menunda peluncuran sejumlah iPhone 5G mereka yang menggunakan chipset Apple A14.


Bawa 4 Sensor Kamera Belakang, Begini Bocoran Infromasi Spesifikasi Samsung M51

Meskipun mendapatkan sanksi dari pemerintah AS, Huawei tampaknya masih cukup tenang. Terbukti mereka akan meluncurkan seri Mate 40-nya pada bulan Oktober mendatang. Pada kuartal keempat tahun 2020 ini, Huawei juga akan mengirimkan pasokan hingga 8 juta unit ponsel flagship tersebut. Hal itu jelas akan meningkatkan performa Huawei pada pasar smartphone, terutama di wilayah China. Perlu diingat, pada kuartal kedua tahun 2020 ini, Huawei merajai pasar smartphone global.

AS Ingatkan Brazil Konsekuensi dari Penggunaan Perangkat 5G Huawei

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia