logo


Banyak Konsumsi Daging Picu Kolesterol, Minum Obat Ternyata Tak Cukup

Obat kolesterol tidak memberikan dampak yang langsung

2 Agustus 2020 08:30 WIB

kolesterol
kolesterol harapanrakyat.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Idu Adha menjadi momentum bagi sebagian masyarakat untuk mengkonsumsi daging sapi maupun kambing. Bahkan saking banyaknya persedian daging, bisa sampai berhari-hari mengkonsumsi daging. Padahal kebanyak mengkonsumsi daging bisa berpotensi meningkatkan koleterol dalam tubuh.

Meski demikian, banyak orang yang berasumsi cukup mengkonsumsi obat tertentu maka kadar kolesterol akan tetap aman meski banyak mengkonsumi daging. Di masyarakat, jenis obat simvastatin diyakini mampu mencegah atau mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh.

Sementara itu, dokter jantung dari RS Siloam Lippo Village, dr Vito A Damay, SpJP mengatakan bahwa kinerja simvastatin tidak bisa memberikan hasil dalam waktu yang singkat.


Tips Jitu Simpan Daging Agar Tetap Segar

"Efek kolesterol jahat itu gak bisa diturunkan dalam waktu sekejap. Optimalnya kinerja simvastatin itu kan kira-kira selama enam minggu," kata dr Vito seperti dilansir detikcom, Minggu (2/8/2020).

Lebih lanjut, dr Vito tidak menyarankan masyarakat mengkonsumsi obat tanpa resep dokter. Hal tersebut justru akan berdampak buruk pada kesehatannya.

"Kelemahannya adalah orang tidak mau periksa  ke dokter, minum obat sembarangan, dan terus-terusan mengkonsumsi yang berisiko kolesterol," jelasnya.

Oleh karena itu, dr Vito menyarankan agar mengkonsumsi daging dalam jumlah yang berimbang, diselingi dengan makanan sehat lainnya dan tetap olahraga.

Dr Anthony Fauci: Saya Tidak Percaya Virus Covid-19 Akan Hilang

Halaman: