logo


Diminta Jadi Pengacara Djoko Tjandra, Otto Hasibuan: Kalau Mau, Putus Hubungan yang Lain

Otto Hasibuan akan meminta klarifikasi dengan Djoko Tjandra terlebih dahulu

2 Agustus 2020 05:45 WIB

Otto Hasibuan.
Otto Hasibuan. Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengacara Otto Hasibuan diminta oleh pihak keluarga Djoko Tjandra untuk mendampingi proses hukum terpidana kasus pengalihan hak tagih (cassie) Bank Bali tersebut. Meski demikian, ia belum menerima tawaran tersebut karena ada beberapa hal yang ingin dipertanyakan terkait ekekusi penahanan Djoko Tjandra.

"Karena saya baca putusan Djoko tidak ada perintah untuk ditahan. Isinya hanya salah satu, hukum dia dua tahun penjara, bayar sejumlah uang. Di dalam KUHAP, harus ada kata-kata perintah ditahan. Tapi, kata-kata perintah ditahan ini tidak ada," kata Otto dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Usai diminta pihak keluarga untuk menjadi pengacara, Otto berencana bertemu dengan Djoko Tjandra pada Jumat (31/7) namun tertunda sehingga baru akan dilaksanakan pada Senin (3/8). Ia pun mempertanyakan apakah Djoko Tjandra masih terikat dengan pengacara yang lain atau tidak. Apabila masih ia sarankan untuk menyelesaikan kewajiban dengan pengacara sebelumnya.


Soal Djoko Tjandra, Mahfud: Ada yang Bilang Pemerintah Hanya Main 'Ciluk Ba'

"Saya harus tentukan sikap. Tanyakan beliau ada pengacara apa tidak. Kode etik. Ada rekan kuasa hukum untuk yang lain. Tapi ini kasus yang baru. Sebagai lawyer harus klarifikasi itu. Tidak boleh tangani perkara kalau dia masih terikat pengacara yang lain. Kalau mau, putus hubungan yang lain. Saya harus anjurkan Djoko selesaikan kewajiban dengan lawyer yang lain," ujarnya.

Politikus Demokrat: Djoko Tjandra Itu Saya Sebut Joker

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati