logo


Terapkan Protokol Kesehatan, Yayasan Adjeng Suharno Potong Hewan Qurban

Penyembelihan hewan qurban dilakukan secara profesional dan sesuai protokol kesehatan

2 Agustus 2020 04:15 WIB

Yayasan Adjeng Suharno memotong 1 ekor sapi dan 8 ekor kambing pada Sabtu (1/8/2020)
Yayasan Adjeng Suharno memotong 1 ekor sapi dan 8 ekor kambing pada Sabtu (1/8/2020) jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hari ini, Sabtu (1/8), Yayasan Adjeng Suharno menggelar pemotongan hewan qurban di sejumlah tempat. Di Masjid Yayasan Adjeng Suharno, Perumahan Caringin Garden Residen Jatinangor, Jawa Barat, diadakan pemotongan qurban sebanyak 1 ekor sapi dan 8 ekor kambing, sementara di Masjid Yayasan Adjeng Suharno As-syifa Perumahan Putraco Indah Cikawao Bandung memotong 8 ekor kambing.

Ketua Yayasan Adjeng Suharno, Adjeng Ratna Suminar mengatakan, qurban tahun ini terasa lebih haru karena dirayakan pada saat dunia tengah mengalami kesulitan. Semoga qurban di tengah mengganasnya serangan Covid-19 meningkatkan rasa kepedulian sesama.


Konversi Hewan Kurban Jadi Uang Tunai, Begini Kata MUI

Selain itu, qurban juga harus dijadikan sebagai momen saling memaafkan antar sesama sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW.

"Saling memaafkanlah kalian sebelum Hari Arafah karena Nabi Muhammad SAW bersabda: Di hari arafah seluruh amal diangkat menuju Allah kecuaki amalan orang-orang yang saling bermusuhan"

Manfaat berqurban dalam hadits yang diriwayatkan oleh HR Tirmidzi, ibadah berkurban adalah salah satu ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah SWT. Bagi mereka yang mampu, berkurban tak hanya dijadikan momen untuk berbagi namun juga mensucikan diri dan harta benda yang dimiliki.
Selain itu, manfaat lainnya menurut HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban, tetesan darah hewan yang dikurbankan merupakan penebus dan pengampun dosa-dosa orang yang berkurban pada masa lalu. "Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu". (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

Dalam menjalani kegiatan pemotongan, Yayasan Adjeng Suharno memastikan dilakukan secara profesional dan menjalankan protokol kesehatan.

Dorong Reshuffle Menteri, Adjeng Ratna: Apakah Bapak Presiden Tak Punya Stok Lagi?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati