logo


Segera Blokir TikTok, Donald Trump: Saya Punya Kekuasaan

Donald Trump dikabarkan akan segera memblokir aplikasi TikTok dari Amerika Serikat

1 Agustus 2020 14:15 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa TikTok akan segera di-banned dari Amerika Serikat menyusul adanya kekhawatiran dari sejumlah tokoh politik di negara tersebut yang menilai bahwa aplikasi berbagi video tersebut dapat mengacaukan proses pemilihan presiden AS yang akan diselenggarakan pada 3 November mendatang.

"Selama TikTok ini membuat khawatir, kami akan memblokirnya dari Amerika Serikat," kata Donald Trump dikutip dari Sputnik pada Sabtu (1/8).

Kantor berita Reuters menyebut bahwa Trump pada Sabtu (1/8) ini akan segera mengeluarkan perintah eksekutifnya untuk memblokir aplikasi buatan perusahaan China, ByteDance tersebut.


Wabah Kelaparan di Negara Afrika Semakin Memburuk, WFP Ajukan Tambahan Anggaran

"Saya punya kekuasaan terkait hal tersebut, dan saya akan melakukannya melalui perintah eksekutif," tambahnya.

Sebelum pengumuman tersebut, The New York Times melaporkan bahwa salah satu perusahaan teknologi asal AS, Microsoft dikabarkan tengah menjalin komunikasi dengan ByteDance untuk membeli TikTok.

Sama seperti Huawei, TikTok belakangan ini juga dituding oleh pemerintah AS dapat dimanfaatkan oleh pemerintah China untuk mengakses informasi pribadi pengguna, yang mana hal tersebut dapat membahayakan keamanan nasional mereka.

TikTok sendiri telah berulang kali membantah tuduhan tersebut. Mereka bahkan menyatakan telah memindahkan sejumlah server mereka ke wilayah Amerika Serikat. Tercatat, aplikasi tersebut kini memiliki 800 juta pengguna aktif, dan telah diunduh lebih dari 2 juta kali di seluruh dunia. Menurut data statistik pemasaran AS, India merupakan negara dengan jumlah pengguna terbanyak dengan 500 juta, diikuti China dengan 180 juta dan Amerika Serikat dengan 150 juta pengguna aktif.

Iran Sepakat Bayar Kompensasi ke Ukraina atas Tragedi Jatuhnya Pesawat pada Januari lalu

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×