logo


Buronan Djoko Tjandra Berhasil Ditangkap, Polisi: Saya Sedang Menjemput

Djoko Tjandra dibawa dari Malaysia dan akan tiba di Indonesia melalui Bandara Halim Perdana Kusuma

30 Juli 2020 21:26 WIB

Djoko Tjandra
Djoko Tjandra istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan bahwa tersangka kasus hak tagih (cassie) Bank Bali, Djoko Tjandra berhasil ditangkap dan sedang dalam proses pemulangan dari Malaysia. Ia akan tiba di Indonesia melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

"Ya benar saya sedang menuju Bandara untuk menjemput," kata Argo melalui pesan singkat seperti yang dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (30/7/2020).

Diketahui, Djoko Tjandra berhasil keluar masuk Indonesia tanpa terdeteksi oleh pihak penegak hukum. Bahkan, belakangan berhasil membuat E-KTP dan sempat mengajukan PK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun, ia tidak pernah hadir dalam persidangan yang telah dijadwalkan. Ia selalu beralasan tengah berobat di Malaysia.


Upaya Penangkapan Djoko Tjandra, Kemenlu Siap Fasilitasi Penegak Hukum

Kasus Djoko Tjandra ini telah menyeret sejumlah pejabat tinggi negara yang berujung pada pencopotan. Sebelumnya, Jenderal Prasetijo dicopot dari jabatan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri karena telah membuat surat jalan Djoko Tjandra. Selain itu, ada juga Inspektur Jenderal Napoleon Bonaparte yang juga dicopot dari Kepala Divisi Humas Internasional Polri, dan terakhir Brigadir Jenderal Nugroho Slamet  dari jabatannya sebagai Sekretaris NBC Interpol Indonesia.

Baru-baru ini, Kejaksaan Agung juga mencopot Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi 2 pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan, Pinangki Sirnamalasari karena sempat bertemu dengan Djoko Tjandra di Malaysia.

Brigjen Prasetijo Ditetapkan Sebagai Tersangka, Kabareskrim: Ancaman Penjara 6 Tahun

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati