logo


Dinilai Tak Efektif Cegah Covid-19, Belanda Tak Sarankan Penggunaan Masker

Pemerintah Belanda menilai masker non-medis tidak terbukti efektif untuk mencegah seseorang tertular infeksi Covid-19. Oleh karena itu, mereka tidak mewajibkan penggunaan masker bagi warganya

30 Juli 2020 10:31 WIB

Masker
Masker Ist

AMSTERDAM, JITUNEWS.COM - Pemerintah Belanda pada Rabu (29/7) mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker penutup wajah non-medis guna menghentikan laju penyebaran virus Covid-19. Mereka menilai masker jenis tersebut tidak terbukti efektif untuk mencegah seseorang tertular virus tersebut.

"Karena jika dilihat dari perspektif medis, masker (non-medis) tidak terbukti efektif (mencegah Covid-19), Kabinet telah memutuskan bahwa tidak ada kewajiban secara nasional untuk menggunakan masker non-medis," kata Menteri Kesehatan Belanda, Tamara van Ark dikutip dari Reuters pada Kamis (30/7).

Keputusan tersebut tentunya sangat bertolak belakang dengan negara-negara anggota Uni Eropa lain yang mewajibkan penggunaan masker bagi warganya terutama saat berada di ruang publik.


Angka Kematian Covid-19 Tembus 150 Ribu, Krisis Ekonomi AS Semakin Memburuk

Sementara itu, Jaap van Dissel selaku Kepala Institut Kesehatan nasional Belanda (RIVM), mengatakan bahwa pihaknya sangat menyadari bahwa penelitian yang menunjukkan bahwa masker dapat memperlambat penyebaran penyakit menular namun tidak yakin masker dapat berguna dalam menghadapi wabah Covid-19 yang melanda Belanda belakangan ini.

Ia menegaskan bahwa penggunaan masker yang salah, bersamaan dengan rendahnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan aturan social distancing, dapat meningkatkan resiko penyebaran penyakit tersebut.
"Jadi, kami pikir jika anda berniat menggunakan masker (di tempat umum)...maka anda harus mendapat pelatihan yang baik untuk itu," kata van Dissel.

Meski demikian, masker masih menjadi barang yang wajib digunakan bagi warga saat berada di dalam alat transportasi umum dan di sejumlah bandara yang ada di Belanda.

Kewalahan Tangani Pasien Covid-19, Dokter di AS: Saya Tak Bisa Selamatkan Semua Orang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×