logo


Saham Meroket, Tencent Kini Lebih Besar dari Facebook

Tencent berhasil mencatatkan nilai total saham mencapai USD 664.50 Miliar

29 Juli 2020 21:15 WIB

Tencent
Tencent istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kapitalisasi Tencent di bursa saham telah melampaui Facebook pada tahun ini. Perusahaan pengembang game PUBG Mobile tersebut dikabarkan memiliki total nilai saham hingga USD 664.50 Miliar pada Rabu (29/7), dibanding Facebook yang mencatatkan USD 656.15 Miliar.

Tak hanya PUBG Mobile saja, Tencent diketahui memiliki sejumlah aplikasi yang memiliki jumlah pengguna aktif dalam jumlah besar seperti WeChat, dan aplikasi instant messaging bernama QQ.

WeChat sendiri merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer di China daratan dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 1 miliar. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang bernama Moments dimana para pengguna dapat memposting gambar, video dan link. Fitur ini digunakan oleh Tencent untuk memasang iklan dan memanen pundi-pundi pendapatannya.


Jepang Laporkan Lebih dari 1,000 Kasus Baru Covid-19

Dua aplikasi perpesanan tersebut menyumbang 23 persen saham Tencent.

Dengan hasil tersebut, Tencent pada tahun ini mengalami peningkatan nilai saham hingga 43 persen jika dibaning dengan tahun 2019 lalu, sementara Facebook hanya mengalami peningkatan sebesar 12 persen.

Salah satu perusahaan raksasa teknologi China tersebut sangat diuntungkan dengan adanya kebijakan lockdown yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 pada awal tahun 2020 ini mengingat lebih banyak pengguna yang menghabiskan banyak waktu mereka di rumah dengan bermain game ataupun menggunakan aplikasi-aplikasi lainnya.

Meningkatnya jumlah pengguna aktif selama kebijakan lockdown juga telah membuat bos Tencent, Ma Huateng berhasil merebut status orang terkaya di China dari tangan Jack Ma, salah satu pendiri Alibaba Grup.

Tak Ingin Kehabisan Remdesivir, Uni Eropa Teken Kontrak dengan Produsennya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia