logo


Bill Gates: Remdesivir Turunkan Resiko Kematian Akibat Covid-19

Obat anti virus Remdesivir yang dikembangkan oleh Gilead Science, terbukti mampu menurunkan resiko kematian akibat Covid-19

29 Juli 2020 17:45 WIB

Bill Gates
Bill Gates NBC

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates mengatakan bahwa obat-obatan antivirus dan sejumlah terapi antibody berperan penting dalam menurunkan angka kematian akibat wabah Covid-19 meskipun vaksin yang efektif masih belum berhasil dikembangkan.

"Ada peluang bagus dimana kita akan mampu menurunkan angka kematian (akibat Covid-19) pada akhir tahun 2019 dengan adanya kombinasi dari sejumlah 'peralatan baru'," kata Bill Gates dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada Selasa (28/7), dilansir dari SCMP pada Rabu (29/7).

Pendiri perusahaan Microsoft tersebut mengatakan bahwa obat anti virus Remdesivir, yang diproduksi oleh Gilead Science, adalah salah satu obat yang dapat menurunkan resiko kematian bagi pasien Covid-19.


Spanyol Kecam Inggris yang Larang Warganya Berkunjung ke Spanyol

Obat tersebut juga telah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sehingga sejumlah rumah sakit dapat memberikannya kepada pasien Covid-19 melalui ventilator atau alat bantu pernafasan lainnya.

Sementara itu, Dr George Diaz, salah satu pakar penyakit menular di salah satu rumah sakit Washington mengatakan bahwa penelitian terkait remdesivir yang ia kerjakan mengungkapkan bahwa obat tersebut mampu mengurangi resiko kematian pada pasien Covid-19.

"Kami hanya bisa berkata bahwa kami juga telah menemukan adanya penurunan kematian dari pasien Covid-19 yang diberikan obat tersebut dibanding dengan mereka yang tidak mendapatkan remdesivir," katanya.

Virus Covid-19 Bukan Penyakit Musiman, WHO: Virus Ini Menyukai Segala Cuaca

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia