logo


Nadiem: Sekolah Negeri Seharusnya untuk yang Paling Membutuhkan Secara Sosial Ekonomi

Prinsip itu diimplementasikan melalui jalur zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

29 Juli 2020 16:30 WIB

nadiem makarim
nadiem makarim sangpengajar.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa sekolah negeri seharusnya diperuntukkan bagi siswa yang tingkat ekonominya rendah.

"Secara prinsip undang-undang dasar kita, sekolah negeri itu seharusnya untuk yang paling membutuhkan secara sosial ekonomi. Itu kan prinsip keadilan sosial yang dijunjung tinggi," ujar Nadiem dalam diskusi dari KPK, Rabu (29/7).

Menurutnya, prinsip itu diimplementasikan melalui jalur zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Nadiem menyebut PPDB yang menggunakan nilai UN sebagai patokan seleksi, memunculkan situasi siswa sosial ekonomi menengah ke atas duduk di bangku sekolah negeri.


Tanggapi Permintaan Maaf Nadiem Makarim, NU: Kalau Sekedar Minta Maaf Kita Nerima Ya Konyol

Nadiem mengatakan bahwa aturan zonasi tidak mudah diterima oleh publik.

"Ini suatu transisi yang memang tidak mudah. Tetapi merupakan suatu reformasi yang menurut saya penting dan bisa secara dramatis mengubah kesetaraan pendidikan di Indonesia," ujarnya.

"Untuk pemerintah pusat menentukan detail mengenai area spesifik bagaimana cara mengatur zonasi itu tidak akan menemui titik temu dan bisa menciptakan masalah lain," lanjutnya.

Putera Sampoerna Foundation dan Tanoto Foundation Masuk POP, Nadiem: Tidak Akan Minum APBN

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata