logo


Terdampak Covid-19, Penjualan Smartphone AS Kuartal Kedua 2020 Turun 25 Persen

Kebijakan lockdown membuat angka penjualan ponsel di AS turun pada kuartal kedua tahun 2020 ini

25 Juli 2020 19:44 WIB

Smartphone
Smartphone istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wabah Covid-19 memberikan dampak besar bagi pasar smartphone di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat. Laporan terbaru yang dirilis oleh Counterpoint Research menunjukkan bahwa penjualan smartphoen di Amerika Serikat mengalami penurunan hingga 25 persen pada kuartal kedua tahun 2020 ini.

Penurunan tersebut terjadi sejak diberlakukannya kebijakan lockdown yang menutup semua toko retail smartphone di seluruh negeri pada pertengahan bulan Maret lalu, dimana bulan April menjadi bulan terburuk untuk penjualan smartphone AS.

Menginjak bulan Mei dan Juni, penjualan ponsel kembali mengalami peningkatan, bahkan lebih tinggi daripada bulan Juni tahun 2019 lalu. Hal ini dikarenakan adanya pembukaan kembali perekonomian AS.


Tak Mau Kalah dengan Asus dan Lenovo, Black Shark 3S Bakal Ramaikan Persaingan Ponsel Gaming

Selama kuartal kedua tahun ini, sejumlah brand asal China, seperti Lenovo, OnePlus, dan ZTE mengalami penurunan penjualan hingga mencapai lebih dari 60 persen. Lenovo yang telah mengakuisisi Motorola mencatatkan penurunan penjualan hingga 62 persen, OnePlus dengan 60 persen dan ZTE dengan 68 persen.

Sementara itu nasib Samsung dan LG bisa dibilang lebih baik dari produsen asal China. LG mengalami penurunan hingga 35 persen. Samsung mencatatkan penurunan penjualan sebesar 10 persen, dan berhasil menjadi brand dengan penjualan terbaik, diatas Apple yang mengalami penurunan hingga 23 persen.

LG U+ Sebut Perangkat 5G Huawei Aman Digunakan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia