logo


Kingkit, Jeruk Unik Kaya Khasiat

Istimewanya, jeruk ini dapat digunakan sebagai obat batuk

9 April 2015 13:10 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kingkit, Anda mungkin belum familir dengan jenis jeruk satu ini. Jeruk yang bernama latin Triphasia trifolia ini memiliki bentuk buah yang sangat kecil dan rasa yang erkesan hambar dan asam. Di Indonesia sendiri, tanaman ini lebih sering digunakan hanya sebagai tanaman hias yang ada di depan pagar rumah. Istimewanya, buah ini juga dapat digunakan sebagai obat yang mampu membantu mengatasi batuk Anda lho!. Penasaran? Yuk mari intip ulasan berikut ini.

Seperti yang dilansir dalam nengnong.blogspot.com, jeruk kingkit memiliki berbagai kandungan senyawa yang dibutuhkan tubuh, baik yang berasal dari buahnya, maupun daunnya. Seperti tripasol, coumarin, antioksidan, ekspektoran, isomeranzim, umbelliferone dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan obat batuk alami tersebut? Seperti yang dilansir dalam kumpulanmanfaatbuah.blogspot.com, Anda dapat membuat ramuan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

  • Siapkan jeruk kingkit yang sudah matamg dan berwarna merah tua sebanyak 50 gram atau sekitar satu genggaman tangan Anda. Kemudian cuci bersih.
  • Masukkan jeruk kingkit tersebut ke dalam gelas atau wadah yang lebih luas.
  • Tuangkan air panas ke dalam wadah tersebut. Tutup dan diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit saja.
  • Jika Anda ingin mendapatkan rasa yang lebih manis, tambahkan 1 hingga 2 sendok makan madu alami.

Nah, selamat mencoba yah!

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Riana