logo


Achmad Purnomo Positif Corona, Pakar Politik: Bisa Jadi Sengaja Dicovidkan

Pakar politik menilai akan ada upaya mencari dukungan untuk melawan Gibran

25 Juli 2020 07:30 WIB

Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming
Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dinyatakan positif corona dan menjalani karantina mandiri di kediamannya. Sebelumnya, Achmad Purnomo sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Imbas pertemuan tersebut, Jokowi pun harus menjalani tes swab yang lebih cepat dari jadwal Pemeriksaan rutin.

Menanggapi hal tersebut, pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam menilai bahwa Purnomo sengaja 'dicovidkan' untuk memperlancar langkah putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo.

"Bisa jadi Punomo sengaja dicovidkan, agar memuluskan langkah Gibran dalam memenangkan Pilkada Solo," kata Saiful Anam sperti dilansir RMOL.com, Jumat (24/7/2020).


Achmad Purnomo Positif Covid-19, Rudyatmo Minta Pejabat dan Pegawai Pemerintah Tak Panik

Saiful Anam berpendapat harusnya Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa maju di Pilkada Solo dengan lawan politik yang sebanding. Menurutnya, hal tersebut lebih terhormat dibanding melawan kotak kosong.

"Tapi apa mau Gibran menang tanpa lawan? Saya kira tidak seru juga lawan kotak kosong. Atau misalnya melawan yang tidak sebanding, saya kira Gibran mesti menang secara terhormat dengan calon yang sebanding seperti Purnomo misalnya," ujarnya.

Diketahui, Achmad Purnomo saat ini masih menjadi Wakil Wali Kota Solo mendampingi FX Hadi Rudyatmo. Sebelumnya, Purnomo telah diajukan oleh DPC PDIP Solo berpasangan dengan Teguh Prakosa. Namun dalam perjalanannya, PDIP justru merekomendasikan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

Achmad Purnomo Sempat Bertemu Jokowi, Pihak Istana: Saya Yakin dan Semoga Istana Tetap Steril

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati