logo


Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Angka Pengangguran di AS Masih Tinggi

Lebih dari 1,5 juta warga AS mengajukan permohonan dana tunjangan pengangguran pada akhir pekan lalu

24 Juli 2020 20:30 WIB

Pengangguran di Amerika Serikat saat ini telah mencapai 30 juta orang
Pengangguran di Amerika Serikat saat ini telah mencapai 30 juta orang istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Tanda-tanda bahaya mulai mucul di sektor lapangan pekerjaan Amerika Serikat ditengah meningkatnya kasus Covid-19 secara drastis di sejumlah negara bagian. Menurut data pemerintah pada Kamis (23/7), jumlah warga AS yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran mengalami peningkatan.

Sedikitnya 1,4 juta warga mengajukan tunjangan pengangguran kepada pemerintah pada 18 Juli lalu, dan meningkat sekitar 109 ribu pada akhir pekan lalu. Peningkatan jumlah pengangguran ini adalah imbas dari ditundanya pembukaan kembali perekonomian di sebagian besar negara bagian AS dan kembali diberlakukannya kebijakan lockdown parsial di sejumlah kawasan.

California, salah satu negara bagian yang kembali memberlakukan kebijakan lockdown karena meningkatnya jumlah kasus Covid-19, melaporkan adanya 292,673 warga yang telah mengajukan permohonan dana tunjangan tersebut pada pekan ini, atau 7,759 lebih banyak daripada pekan sebelumnya.


AS Tuding Rusia Uji Coba Senjata Anti-Satelit Luar Angkasa

"Adanya klaim yang berlanjut tersebut menunjukkan bahwa sejumlah perusahaan mulai membuka lowongan pekerjaan lagi, namun...data juga menunjukkan bahwa kita akan melihat adanya sejumlah penundaan pada aktifitas tersebut," kata Nancy Vanden Houten, seorang pakar ekonomi, dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (24/7).

Secara keseluruhan, jumlah warga yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran tersebut, baik dari pemerintah negara bagian maupun pemerintah pusat, mengalami tren penurunan dimana pada 4 Juli lalu tercatat sebanyak 31.8 juta orang.

Kesepakatan Dagang AS-China Tak Ada Artinya Lagi bagi Donald Trump

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia