logo


Joe Biden Sebut Donald Trump sebagai Presiden Rasis Pertama Amerika Serikat

Joe Biden menyebut Trump telah berbuat rasis saat menyebut virus Corona Sars-Cov-2 dengan sebutan 'virus China', 'kung flu', dan 'virus Wuhan'.

23 Juli 2020 21:40 WIB

reuters

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, menyebut bahwa Donald Trump telah melakukan sebuah tindakan rasis saat ia menjelaskan mengenai nama virus Corona Covid-19 dalam acara kampanyenya beberapa waktu lalu. Trump beberapa kali menyebut bahwa virus Covid-19 sebagai "virus China", "Kung Flu", dan "Virus Wuhan".

"Tidak ada presiden yang pernah menjabat sebelumnya yang melakukan hal ini, tidak pernah. Tidak ada satu pun presiden AS dari Partai Republikan yang telah melakukan hal ini. Tidak pula presiden dari Partai Demokrat," kata Joe Biden, yang juga merupakan mantan wakil presiden AS pada era Barrack Obama, dilansir dari Politico melalui SCMP pada Kamis (23/7).

"Kita mempunyai orang-orang rasis, dan mereka ada, dan mereka sebelumnya pernah berusaha untuk terpilih sebagai presiden (AS). Namun dia (Trump) merupakan orang (rasis) pertama yang berhasil terpilih menjadi presiden," tambahnya.


Inggris Tawarkan Status Kewarganegaraan bagi Rakyat Hong Kong

Pernyataan Biden tersebut pertama kali dipublikasi oleh Washington Post pada Rabu (22/7).

Untuk diketahui, di awal masa kepemimpinannya, Trump sempat mengeluarkan kebijakan kontroversial yakni melarang adanya perjalanan dari sejumlah negara mayoritas Muslim. Ia juga beberapa kali menggunakan sebutan rasis kepada lawan politiknya, seperti menyebut Elizabeth Warrent, seorang senator Massachusetts dengan sebutan "Pocahontas".

AS Minta India Kurangi Ketergantungan Terhadap Produk China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia