logo


Produksi 74 Juta Unit Tahun Ini, Huawei Jadi Top Global Ponsel 5G

Huawei diperkirakan akan memproduksi 74 juta unit ponsel 5G pada tahun 2020 ini

23 Juli 2020 18:36 WIB

gizchina

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menurut perusahaan riset pasar, TrendForce, perkembangan ponsel 5G belakangan ini sangat meledak. Hal ini tak lepas dari upaya promosi yang dilakukan oleh pemerintah China.

Hingga pertengahan tahun 2020 ini, sejumlah brand asal China mendominasi pasar smartphone global dengan tingkat okupansi hingga 75%. Namun, hal tersebut kemunginan akan menurun saat Apple ikut masuk dalam pasar smartphone 5G akhir tahun ini. Menurut perkiraan TrendForce, jumlah ponsel 5G tahun ini akan menembus 235 juta unit.

Tentunya, sebagian besar dari ponsel 5G tersebut merupakan ponsel-ponel buatan China, dimana Huawei menjadi produsen paling banyak dengan 74 juta unit perangkat ponsel 5G, yang sebagian besar hanya dijual di wilayah China daratan saja akibat adanya sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Tidak adanya dukungan Google Play Services membuat Huawei tidak tertarik untuk bermain di luar China. Untung saja, China merupakan pasar smartphone terbesar di dunia.


Kabar Bagus, Penjualan iPhone SE 2020 Sangat Bagus

TrendForce meyakini bahwa Apple akan berada di perigkat kedua dibawah Huawei dengan kapasitas produksi ponsel 5G mencapai 70 juta unit pada tahun ini, diikuti oleh Samsung pada peringkat ketiga. Menurunnya penjualan Samsung pada pasar China merupakan salah satu sebab mengapa Huawei menjadi brand ponsel 5G terbesar di dunia belakangan ini. Samsung diprediksi hanya akan mengirimkan 29 juta unit ponsel 5G saja pada tahun ini.

Tiga posisi lainnya pada 6 besar akan ditempati oleh Vivo, Oppo (termasuk OnePlus, OPPO, dan Realme) dan Xiaomi. Brand-brand tersebut selama ini berada di bawah bayang-bayang Huawei. Agresifnya Huawei di China jelas karena kawasan tersebut merupakan satu-satunya harapan yang tersisa bagi Huawei. Namun, Vivo, Oppo, dan Xiaomi kini berfokus pada pasar diluar China untuk menjaga performa produksi mereka. Vivo untuk tahun ini diperkirakan akan mengirimkan 21 juta ponsel 5G diikuti Oppo dengan 20 juta dan Xiaomi dengan 19 juta.

Tak Mau Kalah dengan Asus dan Lenovo, Black Shark 3S Bakal Ramaikan Persaingan Ponsel Gaming

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia