logo


Taiwan Sebut China Tingkatkan Ancaman Militer Mereka

Menteri Luar Negeri Taiwan mengatakan bahwa meningkatnya aktifitas militer China belakangan ini jelas mengancam Taiwan

22 Juli 2020 15:55 WIB

Menlu Taiwan Joseph Wu
Menlu Taiwan Joseph Wu istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Taiwan menuding China telah meningkatkan ancaman dengan menggelar sejumlah kegiatan militer di dekat wilayah mereka beberapa bulan belakangan ini. Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menilai bahwa China tengah meningkatkan kesiapan militernya untuk mengambil alih pemerintahan Taiwan.

"Melihat tren jangka panjangnya, China tampaknya secara bertahap telah meningkatkan kesiapan militer mereka, khususnya di wilayah udara dan perairan di dekat Taiwan," ujar Wu dikutip dari Reuters pada Rabu (22/7).

"Apa yang sedang dilakukan oleh China saat ini adalah untuk melanjutkan kesiapan mereka dalam menyelesaikan masalah Taiwan," imbuhnya.


Perancis Persilahkan Huawei Investasi dalam Jaringan 5G Mereka

Ia menegaskan bahwa hal tersebut sangat mengancam kedaulatan mereka.

"Ancaman semakin meningkat," kata Wu.

Sementara itu, Beijing berulang kali menyatakan bahwa apa yang mereka lakukan merupakan latihan militer rutin untuk menunjukkan tekad mereka dalam mempertahankan kedaulatan negara.

Pada bulan Juni lalu, Taiwan melaporkan bahwa militer China beberapa kali mencoba untuk memasuki wilayah udara mereka tanpa ijin.

"Sikap tersebut sangat membuat kami cemas," lanjut Wu.

Ia menambahkan bahwa Taiwan kini tengah memperkuat kerja sama dengan sejumlah sekutu mereka, termasuk Amerika Serikat, khususnya dalam bidang persenjataan.

Jerman Desak Turki Hentikan Operasi Pengeboran Minyak di Wilayah Perairan Siprus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×