logo


Upaya Penangkapan Djoko Tjandra, Kemenlu Siap Fasilitasi Penegak Hukum

Dalam upaya pemulangan Djoko Tjandra, Kemenlu akan bekerja sama dengan otoritas hukum terkait di Indonesia.

22 Juli 2020 13:21 WIB

Djoko Tjandra
Djoko Tjandra istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - keberadaan buron kasus pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali, Djoko Tjandra masih menjadi teka-teki. Beredar kabar baru-baru ini bahwa Djoko berada di Malaysia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi penegak hukum dalam upaya menangkap Djoko Tjandra.

Hal itu merupakan salah satu hasil rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Senin (20/7).


Tanggapi Permintaan Lobi Malaysia Pulangkan Djoko Tjandra, Istana: Ada Langkah Diplomatis

"Pada prinsipnya, Kemlu siap memfasilitasi penegak hukum untuk pengembalian Djoko Tjandra ke Indonesia melalui mekanisme kerja sama hukum yang tersedia," kata Teuku, dikutip dari Kompas.com pada Rabu (22/7).

Dalam upaya pemulangan tersebut, Kemenlu akan bekerja sama dengan otoritas hukum terkait di Indonesia. Namun, teknis pelaksanaannya masih belum dapat dijelaskan lebih lanjut.

"Dalam konteks ini, Kemlu akan bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas hukum terkait di Indonesia," ujar Teuku.

Kendati begitu, Teuku membeberkan pelaksanaannya nanti mengacu pada tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) yang menjadi wilayah Kemenlu. Sesuai tupoksi, penanganan ini dilakukan di bawah Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kemenlu.

Komisi III DPR Diminta Terus Melakukan Pengawasan Lapangan Kasus Joko Tjandra

Halaman: 
Penulis : Iskandar