logo


Perjuangkan Pancasila, PA 212 Diminta Dukung BPIP Juga

Hariyono mengatakan tugas dan tanggung jawab BPIP untuk membumikan Pancasila tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

21 Juli 2020 16:58 WIB

Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif
Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono menghargai sikap Persaudaraan Alumni (PA) 212 teguh memperjuangkan Pancasila. Atas dasar itu, ia meminta ormas yang dipimpin Slamet Ma’arif itu untuk mendukung BPIP juga.

Hal itu disampaikan menyusul langkah PA 212 yang mendesak pembubaran BPIP.

"Terima kasih sudah mendukung Pancasila. Cuma mohon juga kalau mendukung Pancasila, maka lembaga yang punya tanggung jawab atau diberi tugas untuk melakukan sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila itu tetap ada dan harus didukung," kata Hariyono kepada wartawan, Senin (20/7).


Munas II Usai Dihelat, PA 212 Tetap Bertekad Pulangkan Rizieq Shihab

Hariyono menyadari bahwa dorongan PA 212 untuk membubarkan BPIP berasal dari Munas yang telah diselenggarakan. Namun, tugas dan tanggung jawab pihaknya untuk membumikan Pancasila tidak bisa dikesampingkan.

"Kalau menurut saya, itu haknya PA 212 untuk mengadakan Munas dan membuat rekomendasi, yang jelas kami di BPIP punya tugas dan tanggung jawab moral bagaimana nilai-nilai Pancasila tidak hilang dari ruang publik," ujarnya.

Dia menerangkan BPIP harus menjalankan amanah di tengah pemahaman Pancasila yang semakin surut pada era sekarang. Jika kondisi itu dibiarkan, lanjut dia, persatuan dan kesatuan bangsa bisa terancam karena dimasuki ideologi lainnya.

"Belum lagi, sejak era reformasi ada ideologi transnasional yang ingin menjadikan Indonesia sebagai bagian dari kekhalifahan. Ini kan juga ada. Makanya HTI dibubarkan," pungkasnya.

PA 212 Desak Pemerintah Bubarkan BPIP, Demokrat: Negara Ini Tak Tunduk pada Tekanan Ormas!

Halaman: 
Penulis : Iskandar