logo


Heboh Anji Tulis Covid-19 dengan 'CVD', Dokter Jantung Beri Peringatan Ini

Dokter meminta untuk tidak menukar istilah karena akan merugikan masyarakat

21 Juli 2020 09:15 WIB

Anji
Anji Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Musisi sekaligus youtuber Erdian Aji Prihartanto atau Anji baru-baru ini menjadi sorotan publik. Ia mengatakan bahwa Covid-19 bukan hal yang mengerikan.

"Saya percaya cvd itu ada. Tetapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu," tulis Anji di salah satu unggahan Instagram pada Sabtu (18/7/2020) yang kini sudah dihapus.

Anji yang menulis Covid-19 dengan tulisan 'cvd' menuai banyak kritikan dari berbagai pihak. Salah satunya dokter jantung yang juga seorang influencer dr Vito A. Damay, SpJ (K), MKes, FIHA, FICA, FACC dari Siloam Hospital Lippo Village yang memperingatkan bahwa cvd dan Covid-19 adalah dua penyakit yang berbeda.


Dikecam PFI Terkait Unggahan Foto Jenazah Covid-19, Anji: Saya Meminta Maaf

dr Vito menjelaskan bahwa cvd merupakan singkatan dari cardiovasculer, sedangkan Covid-19 singkatan dari Coronavirus disease 2019. Ia pun mengatakan bahwa tukar menukar istilah akan membahayakan bagi masyarakat. Pasalnya, orang awam bisa menjadi bingung ketika didagnosa cvd atau sakit jantung dan pembuluh darah namun dianggap terkena Covid-19.

"Yang rugi masyarakat. Terlambat ditolong karena mereka bingung. Penyempitan pembuluh darah, sumbatan pembuluh darah, atau pecah pembuluh darah di otak itu namanya CVD. Beda sama Covid, CVD itu berkaitan dengan penyakit kardiovaskuler atau serebravaskuler. Jadi memang beda, bedanya jauh," pungkasnya.

 

Gunakan Masker Lawan Corona, Trump: Tak Ada yang Lebih Patriotik Daripada Saya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati