logo


Huawei Gunakan Chipset MediaTek untuk Ponsel Flagship Mereka

AS melarang TSMC, produsen chipset Kirin, untuk menyuplai Huawei, sehingga Huawei terpaksa mencari alternatif lainnya

19 Juli 2020 04:45 WIB

Chipset Mediatek
Chipset Mediatek Akurat.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beberapa bulan belakangan ini, rumor seputar ponsel flagship terbaru Huawei, Mate 40, santer beredar, termasuk mengenai waktu peluncurannya. Namun, meskipun banyak pihak telah mencoba untuk membocorkan informasi spesifikasi yang akan diusung oleh perangkat tersebut, masih saja ada beberapa hal yang masih belum pasti.

Dilansir dari laman Gizchina pada Minggu (19/7), kapanpun Huawei merilis sebuah chipset Kirin kelas atas mereka, seri Mate yang hadir di kuartal keempat akan menggunakan chipset yang sama dengan yang digunakan oleh seri P yang hadir pada kuartal pertama di tahun berikutnya. Hal ini berarti bahwa chipset Kirin 1020 atau Kirin 1000 akan digunakan pada Seri Mate 40 dan Huawei P50.

Namun, tampaknya kebiasaan tersebut tidak dilakukan pada tahun 2020-2021 ini mengingat adanya sanksi yang dijatuhkan oleh pihak pemerintah AS, sehingga TSMC yang merupakan produsen dari Kirin tidak lagi diperbolehkan untuk menyuplai Huawei.


Hadir di TENAA, Begini Spesifikasi Huawei Enjoy 20s

Untuk itu, Huawei tampaknya akan mengadopsi metode yang dilakukan oleh Samsung. Menurut salah satu pengamat, Teme pemilik akun Twitter @RODENT950, chipset flagship Kirin 5nm hanya akan digunakan oleh Huawei secara eksklusif untuk pasar Cina saja.

Teme meyakini Huawei akan menggunakan chipset buatan MediaTek untuk pasar global. Pertanyaannya adalah chipset MediaTek apa yang akan digunakan untuk ponsel flagship Huawei tersebut?

Untuk saat ini, chipset terbaik buatan MediaTek, Dimensity 100+, jelas tidak berada dalam kelas yang sama dengan Kirin 1000 ataupun Kirin 1020 mengingat chipset Kirin dibuat dengan proses 5nm sedangkan MediaTek Dimensity 100+ 7nm.

Jadi jika Huawei benar-benar menggunakan MediaTek, maka produsen chipset tersebut kemungkinan akan merilis sebuah chipset flagship terbaru untuk setidaknya selevel dengan Kirin 1000 atau Kirin 1020.

Meski Disingkirkan dari Proyek Jaringan 5G, Huawei Justru Buka 3 Toko Baru di Inggris

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia