logo


Kebiasaan yang Salah dalam Menggunakan Smartphone, Bahaya!

Smartphone menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

17 Juli 2020 20:45 WIB

Ilustrasi berjalan kaki sambil menggunakan ponsel
Ilustrasi berjalan kaki sambil menggunakan ponsel digitaltrends.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di era kemajuan teknologi ini, ponsel pintar atau smartphone menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Namun, tanpa disadari ada kebiasaan-kebiasaan saat menggunakan smartphone yang tanpa sadar membahayakan tubuh.

Apa saja?


Ada Harga Besar yang Harus Dibayar Inggris untuk Copot Huawei dari Jaringan 5G

1. Tidur di samping hp

Ponsel sendiri memancarkan dan menerima elektromagnetik. Apabila ponsel diletakkan dekat dengan kita, penelitian menunjukkan bagaimana gelombang dapat mempengaruhi otak. Lebih baik menjauhkan ponsel saat tidur.

2. Terlalu lama terpapar cahaya biru

Cahaya dari layar ponsel menekan melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur. Cahaya biru tersebut bisa menyebabkan sakit kepala dan masalah mata. Coba atur level cahaya pada ponsel dan nyalakan filter cahaya biru.

3. Menggunakannya dengan sinyal rendah

Ketika di ponsel menunjukkan sinyal lemah, sebenarnya ponsel mengeluarkan sinyal yang lebih kuat sebagai pemancar. Sehingga lebih banyak energi dari ponsel artinya bisa membahayakan kesehatan.

4. Kontak dengan kulit

Sinyal transmisi sekitar 900 MHz bisa membuat ponsel menjadi panas. Jika ponsel kontak dengan kulit maka bisa menyerap panas dengan mudah dan bisa mengakibatkan bintik gelap pada kulit.

5. Menunduk terlalu lama

Menggunakan ponsel dengan menekuk leher ke depan maka bisa mengakibatkan tekanan pada tulang belakang leher meningkat. Ini menyebabkan nyeri pada leher dan kelainan postur.

Nggak Harus Minum Obat, Buah-Buahan Ini Bisa Redakan Batuk

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata