logo


Nggak Harus Minum Obat, Buah-Buahan Ini Bisa Redakan Batuk

Batuk memang membuat tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas.

16 Juli 2020 20:15 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Batuk biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti makanan, minuman, atau debu. Batuk memang membuat tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas.

Meredakan batuk tidak selalu menggunakan obat-obatan, tapi juga bisa dengan buah.

Buah apa saja?


Senang Makan Es Batu Adalah Tanda Seseorang Alami Hal Ini

1. Lemon

Lemon dikenal sebagai obat alami untuk batuk. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon juga bisa mengatasi gejala flu.

Karena lemon memiliki sifat diuretik yang mampu meningkatkan sistem pembuangan racun dalam tubuh. Lemon bisa mengobati infeksi di tenggorokan akibat batuk.

2. Nanas

Nanas bisa dibilang obat batuk alami yang cukup ampuh. Kandungan enzim bromelain dalam buah ini bisa mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan iritasi dalam saluran pernapasan.

3. Apel

Apel juga bisa meredakan batuk yang cukup efektif. Kamu bisa mengonsumsinya dengan memotong apel menjadi beberapa bagian lalu kukus selama 10-20 menit. Konsumsi apel kukus ini sekali sehari.

4. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa menyembuhkan flu dan batuk. Campurkan pisang dengan madu dan air untuk bisa meredakan batuk, menenangkan sakit tenggorokan, dan juga menyembuhkan masalah perut.

Caranya, haluskan dua buah pisang bersama 400 ml air hangat, dan setelah merata tambahkan madu.

5. Kiwi

Kiwi bisa meredakan batuk yang membandel. Hal ini dikarenakan actinidain dalam kiwi yang mampu menghilangkan rasa mual yang muncul saat batuk.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam kiwi bisa memerangi virus dan bakteri penyebab batuk.

Suka Tidur Pakai Guling? Ada Banyak Manfaatnya Loh

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata