logo


Jangan Anggap Sepele, Telat Makan Malam Sebabkan 4 Risiko Ini

Waktu makan mempengaruhi proses metabolisme tubuh

16 Juli 2020 17:38 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan terkadang membuat seseorang menunda makan malam. Namun menunda makan malam tidak dianjurkan oleh beberapa ahli. Pasalnya menunda makan malam akan berpotensi memunculkan risiko kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, telat makan malam akan menimbulkan empat risiko ini:

1. Berat Badan Naik


Masih Lapar Setelah Makan? Ini Alasannya

Sebuah studi yang dilaporkan Penn Medicine News menyebutkan bahwa telat makan akan menyebabkan penambahan berat badan. Penelitian dilakukan tehadap orang dewasa yang dilakukan dua tahap. Tahap pertama orang dewasa melakukan aktivitas makan pagi sampai pukul 7-8 malam. Sementara tahap kedua aktivitas makan dilakukan siang hingga pukul 11 malam. Hasilnya, tahap kedua menunjukan kenaikan berat badan yang disertai kenaikan kadar gula darah.

2. Gangguan Makan

Dilansir dari Daily Health Body, seseorang yang telat makan malam akan cenderung memilih makanan yang tidak sehat. Faktor kelelahan menjadikan seseorang mengabaikan kualitas makanan yang sehat.

3. Meningkatkan Risiko GERD

Salah satu risiko yang ditimbulkan dari telat makan malam yakni GERD atau kondisi dimana makanan yang telah sampai ke perut kembali lagi ke kerongkongan. Tak hanya itu, kebiasaan tidur setelah makan juga menyebabkan risiko GERD. Oleh karena itu beri jarak antara makan dengan waktu tidur.

4. Metabolisme melambat

Telat makan malam juga menyabakan metabolisme terhambat. Metabolisme yang berfungsi membakar kalori menjadi energi tidak bisa bekerja secara maksimal.

Alami Mimpi Buruk Selama Pandemi Covid-19? Ini Cara Mengatasinya

Halaman: 
 
×
×