logo


Resmi Terima Draft RUU BPIP, Puan Maharani: Pasal Kontroversial Sudah Tidak Ada Lagi

Puan Maharani sebut RUU BPIP berbeda dengan RUU HIP

16 Juli 2020 15:05 WIB

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa pihaknya secara resmi telah menerima draft RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU BPIP). Ia menjelaskan bahwa substansi RUU BPIP berbeda dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

"Konsep RUU BPIP yang disampaikan pemerintah berisikan substansi yang berbeda dengan RUU HIP. (RUU BPIP) Yaitu berisikan substansi yang telah ada di Perpres yang mengatur soal BPIP dan diperkuat jadi substansi RUU BPIP," kata Puan Maharani di Gedung DPR, Kamis (16/7/2020).

Puan mengatakan bahwa RUU BPIP tidak lagi mengatur tentang Pancasila, namun lebih mengatur soal tugas, fungsi, wewenang dan struktural kelembagaan BPIP.


Abaikan Protokol Covid-19, Massa FPI Cs Salat Zuhur Tanpa Jaga Jarak

"Sementara pasal-pasal kontroversial seperti penafsiran filsafat dan sejarah Pancasila sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Meski demikian, Puan mengatakan bahwa pembahasan RUU BPIP tidak akan dibahas dalam waktu dekat ini. RUU BPIP akan dibahas setelah mendapat masukan dari masyarakat.

"DPR dan pemerintah sudah sepakat bahwa konsep RUU BPIP ini tidak akan, sekali lagi tiidak akan segera dibahas, tetapi akan lebih dulu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk ikut pelajari, beri saran dan kritik, terhadap konsep RUU BPIP," jelasnya.

Tanggapi Pedemo RUU HIP dan Omnibus Law, DPR Bilang Ini

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati