logo


Khawatir Penyebaran Virus Covid-19, China Minta Brazil Hentikan Ekspor Daging

Langkah tersebut mendapat kecaman dan penolakan dari Asosiasi Industri Pengolahan Daging di Brazil

16 Juli 2020 10:30 WIB

Daging Sapi
Daging Sapi istimewa

BRASILIA, JITUNEWS.COM - Pemerintah China telah meminta Brazil untuk sementara waktu menghentikan ekspor daging mereka menyusul adanya kekhawatiran terkait penyebaran virus Corona yang terjadi di sejumlah fasilitas pengolahan makanan di negara kawasan Amerika Selatan tersebut.

China, yang merupakan pangsa pasar terbesar industri daging Brazil, belakangan ini telah memblokir ekspor dari enam perusahaan pengolahan daging dari negara tersebut. Brazil merupakan negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia dengan hampir 2 juta kasus.

Menteri Agrikultur Brazil, Tereza Cristina Dias, menyatakan bahwa sejauh ini belum ditemukan adanya bukti bahwa virus Sars-Cov-2 yang mengakibatkan infeksi Covid-19 dapat ditularkan melalui makanan. Pemerintah Brazil sendiri untuk sementara ini belum memberikan tanggapan apapun terkait pemblokiran tersebut.


Lebih dari 20 Negara di Dunia Bakal Kehilangan Separuh Jumlah Penduduknya pada Tahun 2100

Sementara itu, asosiasi industri pengolahan daging Brazil (ABPA) mengatakan bahwa pihaknya telah memberlakukan protokol kesehatan secara ketat sejak bulan Maret lalu untuk mencegah adanya penyebaran wabah Covid-19 di sejumlah fasilitas.

"Virus (Covid-19) tidak muncul dari pabrik pengolahan daging," ujar Francisco Turra, presiden ABPA, dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari Reuters pada Kamis (16/7).

Oleh karena itu, Turra menyarankan pemerintah Brazil untuk meminta China membuka pemblokiran tersebut karena keputusan China tersebut bukanlah keputusan yang dapat dibenarkan.

Filipina Perpanjang Partial Lockdown di Manila

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia