logo


UU Keamanan Nasional Berlaku di Hong Kong, Kantor The New York Times Pindah ke Seoul

Kantor pusat The New York Times pindah ke Seoul usai pemerintah China mengeluarkan UU Keamanan Nasional baru

15 Juli 2020 16:00 WIB

New York Times
New York Times kompas.com

HONG KONG, JITUNEWS.COM - The New York Times dikabarkan akan segera memindahkan kantor mereka ke Seoul dari Hong Kong, usai pemerintah China mengeluarkan Undang-undang Keamanan Nasional baru mereka.

Media tersebut mengatakan bahwa sejumlah karyawan mereka mengalami sejumlah kesulitan dalam mengamankan ijin kerja mereka sehingga mereka terpaksa memindahkan sejumlah tim jurnalis digital mereka ke Seoul secara bertahap hingga tahun 2021 mendatang.

"Terkait ketidak pastian yang terjadi belakangan ini, kami berencana untuk melakukan diversifikasi secara geografi staf kami," ujar juru bicara the Times, dikutip dari Reuters pada Rabu (15/7).


Sekolah Masih Ditutup, Trump: Itu adalah Keputusan yang Sangat Buruk

"Kami akan tetap mempertahankan kehadiran kami di Hong Kong dan mempertahankan cakupan wilayah di Hong Kong dan China," imbuhnya.

Untuk diketahui, Hong Kong merupakan rumah bagi sejumlah kantor berita internasional seperti the Wall Street Journal, Financial Times dan Agence France-Presse (AFP). Sementara itu, Reuters sendiri sebelumnya juga memiliki kantor pusat di negara tersebut, namun pada tahun 1997, mereka memindahkannya ke Singapura, bertepatan dengan Inggris menyerahkan Hong Kong kepada pemerintah China.

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam menyatakan bahwa semua reporter masih diijinkan untuk melakukan peliputan di kawasan tersebut secara bebas selama tidak melanggar UU keamanan nasional.

Australia Kemungkinan Perpanjang Aturan Lockdown

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia