logo


Resmi, Inggris Keluarkan Huawei dari Proyek Jaringan 5G Mereka

Langkah tersebut menjadi pukulan telak bagi Huawei mengingat Inggris dan kawasan Eropa merupakan salah satu pasar terbesar mereka

15 Juli 2020 13:52 WIB

gizchina

LONDON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Inggris pada Selasa (14/7) resmi melarang Huawei untuk berpartisipasi dalam proyek jaringan 5G mereka. Pemerintah Inggris juga mengijinkan sejumlah operator penyedia layanan telekomunikasi yang selama ini menggunakan perangkat Huawei, untuk melakukan penggantian perangkat hingga 7 tahun mendatang.

"Inggris tidak lagi menjamin keamanan perangkat 5G Huawei kedepannya," ujar Menteri teknologi dan budaya Inggris, Oliver Dowden, dikutip dari CNN Internasional pada Rabu (15/7).

Keputusan tersebut merupakan sebuah kemenangan besar bagi pihak Donald Trump, mengingat ia terus mengkampanyekan mengenai adanya resiko keamanan nasional yang disebabkan oleh penggunaan perangkat Huawei. Trump mengklaim perangkat Huawei dimanfaatkan oleh pemerintah China untuk mengakses data pribadi pengguna perangkat Huawei.


PM Inggris 'Terlambat' Keluarkan Aturan Penggunaan Masker

"Arah gelombang kini berbalik melawan Huawei usai masyarakat di seluruh dunia kini mulai menyadari bahaya yang ditimbulkan dari adanya pengawasan yang dilakukan oleh Partai Komunis China," ujar Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, keputusan Inggris tersebut merupakan sebuah pukulan keras bagi perusahaan yang berbasis di China tersebut. Huawei selama ini telah beroperasi di Inggris selama 20 tahun dan kawasan Eropa merupakan salah satu target pasar terbesar yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, dimana pada tahun 2019 lalu, 24 persen pemasukan Huawei didapat dari pasar Inggris dan Eropa.

"Sungguh menyesal mengetahui bahwa masa depan kami di Inggris telah dipolitisasi, ini semua mengenai kebijakan perdagangan AS dan bukan masalah keamanan nasional," ujar juru bicara Huawei Inggris, Ed Brewster.

Jepang Alami Cuaca Buruk, Uni Emirat Tunda Peluncuran Misi Mars Mereka

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×